Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Para Konglomerat Tanah Air yang Rayakan Imlek, Salah Satunya Low Tuck Kwong

Tahun baru imlek akan dirayakan pada 22 Januari 2023 mendatang, berikut daftar konglomerat tanah air yang ikut merayakannya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  18:42 WIB
Para Konglomerat Tanah Air yang Rayakan Imlek, Salah Satunya Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah konglomerat tanah air turut menantikan Tahun Baru Imlek 2023. Hal ini memang menjadi perayaan penting bagi warga Tionghoa di seluruh dunia sebagai ungkapan syukur dan harapan terhadap rejeki yang akan datang. 

Adapun, Tahun Baru Imlek tahun ini adalah tahun Kelinci, khususnya Kelinci Air yang dimulai sejak 22 Januari 2023 hingga 9 Februari 2024.

Lantas, siapa saja daftar konglomerat RI yang merayakan hari Tahun Baru Imlek 2023? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Budi dan Michael Hartono 

Nama Hartono bersaudara ini sudah menjadi langganan di dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US$47,7 miliar atau sekitar Rp721,86 triliun. Adapun, sebagian besar kekayaan mereka berasal dari investasi mereka di Bank Central Asia. Akar kekayaan keluarga berasal dari sang Ayah, yaitu Oei Wie Gwan yang merupakan pendiri dari perusahaan rokok Djarum.

2. Low Tuck Kwong

Dikenal sebagai raja batu bara, Low Tuck Kwong kelahiran Singapura adalah pendiri Bayan Resources, sebuah perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia. Harta kekayaannya kini mencapai US$27,7 miliar atau setara dengan Rp419,2 triliun. 

Melansir dari Forbes, meski dirinya lahir di Singapura. Namun, sang Ayah merupakan sosok imigran yang datang ke Singapura dari Guangzhou di Cina Selatan ketika dia berusia tiga tahun dan memulai sebuah perusahaan konstruksi sipil, Sum Cheong.

3. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja turut merayakan Imlek. Pasalnya, mendiang Eka Tjipta Widjaja adalah seorang seorang imigran Tionghoa yang datang ke Indonesia. Saat ini, perusahaan yang dirinya dirikan, yakni Sinar Mas telah melakukan diversifikasi bisnis, mulai dari kertas, real estate, jasa keuangan, kesehatan, agribisnis dan telekomunikasi. Saat ini kekayaan keluarga Widjaja mencapai US$10,8 miliar atau setara dengan Rp163,3 triliun. 

4. Anthoni Salim & Keluarga

Meski, Anthoni Salim lahir Kudus Jawa Tengah, namun dia turut merayakan Imlek. Pasalnya, Anthoni masih memiliki darah keturunan China, di mana dirinya memiliki nama Tionghoa Liem Hong Sien. Melansir dari Forbes, pendapatan Salim sebagai CEO Indofood mencapai US$7,5 miliar atau setara Rp113,3 triliun. 

5. Prajogo Pangestu

Pria yang lahir dari keluarga Hakka Guandong, China ini merupakan pengusaha, investor, sekaligus filantropis keturunan China di Indonesia. Sebagai pendiri Barito Pacific Group sekaligus Presiden Komisaris Perseroan yang menempati posisi orang terkaya ke-7 di Indonesia, dia memiliki harta kekayaan mencapai US$5,1 miliar atau setara dengan Rp77 triliun.

6. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan yang lahir pada 1933 dengan nama Xu Liwen ini adalah seorang ahli farmasi yang bersama lima saudaranya mendirikan Kalbe Group. Berdasarkan Forbes, Boenjamin Setiawan masuk daftar orang terkaya di Indonesia dan berhasil menjadi salah satu 50 orang terkaya di Indonesia, di mana harta kekayaan per 2021 mencapai US$4,8 miliar atau sekitar Rp72,4 triliun. 

7. Dato Sri Tahir

Sebagai orang keturunan Tionghoa, dirinya pun turut memeriahkan Imlek. Sebagai pendiri Mayapada Group sekaligus pendiri Tahir Foundation, dirinya mempunyai harta mencapai US$4,2 miliar atau setara dengan Rp63,4 triliun. 

8. Djoko Susanto 

Djoko Susanto merupakan pria keturunan Tionghoa, dengan nama Cina Kwok Kwie Fo. Sebagai pendiri Alfamart yang memiliki lebih dari 19.000 minimarket di seluruh Indonesia dan lebih dari 1.200 toko di Filipina, dirinya kini memiliki harta kekayaan mencapai US$4,1 miliar atau setara dengan Rp61,8 triliun.

9. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim atau Lim Ek Tjioe adalah seorang Tionghoa-Indonesia. Bachtiar Karim adalah pengusaha kilang minyak sawit terbesar di Indonesia dan pemilik Grup Musim Mas yang memproduksi beberapa merek minyak goreng, seperti Sanco, Tani, M&M, Amago, Good Choice, dan Voila.  Menurut Forbes, kekayaannya diperkirakan mencapai US$4 miliar atau sekitar Rp62,3  triliun. Per 2022, Bachtiar Karim menjadi orang terkaya ke-11 di Indonesia. 

10. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja, pria keturunan Tionghoa yang lahir di Jakarta tahun 1946 silam juga akan merayakn Imlek. Sejak kecil berada di lingkungan keluarga yang menggeluti bisnis biskuit rumahan, kini berkat ketekunannya, dia pun menduduki posisi ke-12 sebagai orang terkaya di Indonesia. Menjadi pimpinan dari Mayora Group harta kekayaannya mencapai US$39,5 miliar atau setara dengan Rp59,6 triliun. 

11. Hermanto Tanoko

Hermanto Tanoko merupakan anak dari Soetikno Tanoko yang merupakan keturunan Tionghoa. Sebagai pemilik cat bermerek Avian dan juga bos CLEO, tak heran jika dirinya didapuk sebagai orang terkaya ke-13 di Indonesia versi Forbes pada 2022 dengan harta kekayaan US$3,65 miliar atau setara dengan Rp56,9 triliun. 

12. Susilo Wonowidjojo

Taipan Susilo Wonowidjojo tercatat sebagai pemiliki perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM). Salah satu emiten rokok terbesar di Indonesia. Melansir dari Forbes, Pria keturunan Tionghoa ini memiliki harta kekayaan mencapai US$3,5 miliar atau setara dengan Rp52,8 triliun. 

Sebetulnya ada banyak taipan yang berdarah Tionghoa, sepeeti Theodore Permadi Rachmat, Matua Sitorus, Sukanto Tanoto, Eddy Kusnadi Sariatmadja, Ciliandra Fangiono hingga Edwin Soeryadjaya, anak dari pendiri Astra International.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek konglomerat Low Tuck Kwong anthony salim michael hartono
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top