Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Empat Dampak Positif Employee Benefit Asuransi untuk Perusahaan

Empat dampak positif strategi human resource (HR) bagi perusahaan lewat pemberian 'employee benefit' berupa akses asuransi.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  00:30 WIB
Empat Dampak Positif Employee Benefit Asuransi untuk Perusahaan
Ilustrasi-Asuransi - www.getbudget.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara insurance technology (insurtech) PT Fuse Teknologi Indonesia alias Fuse mengungkap pentingnya strategi human resource (HR) bagi perusahaan lewat pemberian 'employee benefit' berupa akses asuransi.

Employee Benefit Leader Fuse Wendi Bimo Cahyo menjelaskan bahwa employee benefit asuransi memainkan peran kunci untuk mendukung kesehatan fisik dan mental, serta pengembangan karir dan retensi karyawan.

"Bagi karyawan, employee benefit, terutama manfaat asuransi, menjadi prioritas. Sebagai bentuk mitigasi risiko atas masalah kesehatan dan keuangan yang mungkin timbul di kemudian hari," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/1/2023).

Di sisi lain, bagi perusahaan, manfaat asuransi merupakan investasi jangka panjang untuk mendukung dan melindungi karyawan. Manfaat asuransi yang kompetitif akan meningkat loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Wendi menambahkan setidaknya ada empat alasan penting untuk memiliki employee benefit bagi perusahaan. Pertama, meningkatkan komitmen karyawan terhadap perusahaan.

"Ada sebuah istilah yang dikenal dengan sebutan continuance commitment, yang diartikan keinginan dari karyawan untuk tetap bertahan di perusahaan karena enggan meninggalkan benefit yang diberikan oleh perusahaan. Artinya, semakin memadai benefit yang diberikan, komitmen yang diberikan karyawan pun juga akan meningkat," jelasnya.

Kedua, meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Pasalnya, employee benefit memiliki dampak memberikan perasaan karyawan dan keluarganya terlindungi dan memberi mereka rasa aman.

"Dengan begitu, kinerja dan produktivitas karyawan meningkat, karena ada rasa aman di dalam diri karyawan saat mereka menjadi bagian dari perusahaan yang menyadari pentingnya kesehatan karyawan dan keluarganya," tambahnya.

Selanjutnya, menjadi daya pikat bagi karyawan bertalenta karena setiap perusahaan berusaha untuk merekrut karyawan bertalenta. Program employee benefit yang menarik dapat menjadi sesuatu yang akan dipertimbangkan oleh calon karyawan bertalenta ketika mereka memilih tempat kerja baru.

Terakhir, mengurangi anggaran rekrutmen karyawan baru karena perusahaan yang memiliki tingkat turn over yang tinggi akan mengeluarkan biaya rekrutmen yang lebih tinggi.

"Dengan memberikan manfaat karyawan yang lebih baik kepada karyawan, yang meningkatkan loyalitas mereka, akan mengurangi biaya rekrutmen dalam jangka panjang," ungkap Wendi.

Wendi menambahkan bahwa Fuse saat ini menangani asuransi kesehatan karyawan dari berbagai jenis korporasi, beberapa diantaranya yakni korporasi media, korporasi elektronik multinasional, korporasi penerbangan hingga rumah sakit.

Untuk memberikan manfaat asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan nasabah, Fuse bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan asuransi nasional dan internasional.

"Sebagai platform teknologi yang independen, Fuse menawarkan solusi dan layanan employee benefit berbasis digital, mencakup komparasi proposal, pengecekan manfaat dan budget serta pengecekan manfaat polis. Bahkan, pengajuan dan pelacakan klaim juga bisa dilakukan secara digital," tutup Wendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi investasi karyawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top