Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Hunian dengan Lahan Terluas di Dunia, Ada Milik Miliarder India hingga Rusia

Sejumlah hunian dengan ukuran lahan yang luar biasa luas milik sejumlah orang dari berbagai negara ini mengundang decak kagum.
Antilia tower/bloomberg
Antilia tower/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki hunian yang besar dan mewah bukan lagi sekadar untuk tempat tinggal, melainkan juga sebuah simbol status sosial dan kualitas hidup seseorang. 

Hunian yang luas biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kekayaan yang melimpah dan ingin memiliki ruang lebih untuk kegiatan atau keperluan khusus seperti mengadakan acara besar, menampung keluarga besar atau tamu hingga untuk punya sejumlah fasilitas mewah. 

Lantas, mana saja bangunan dengan luas area yang luar biasa besar? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya

1. Istana Nurul Imam Palace

Istana ini adalah rumah terbesar di dunia yang terletak di Brunei yang menjadi kediaman resmi dari Raja atau Sultan dan merupakan pusat pemerintahan. 

Bangunan ini memiliki luas area sekitar 2,15 juta kaki persegi atau sekitar 200.000 meter persegi, menjadikannya sebagai rumah pribadi terbesar di dunia.

Istana Nurul Imam dirancang oleh arsitek Filipina, Leandro V. Locsin, dan dikelola oleh sebuah perusahaan di Inggris. Istana ini selesai dibangun sekitar tahun 1984 dan tidak dibuka untuk umum kecuali selama perayaan Muslim tahunan Idulfitri. 

2. Buckingham Palace 

Buckingham Palace adalah salah satu kediaman kerajaan terbesar dan paling terkenal di dunia yang terletak di kota Westminster, London, Inggris. Sejak tahun 1837, istana ini telah menjadi kediaman resmi para kepala negara di Inggris.

Buckingham Palace dibangun pada tahun 1703 oleh William Winde dan direnovasi oleh John Nash. Bangunan ini memiliki luas sekitar 828.82 kaki persegi atau sekitar 77.000 meter persegi dan memiliki nilai estimasi sebesar US$3,2 miliar. 

3. Antilia Residence

Antilia Residence adalah rumah pribadi atau lebih tepatnya pencakar langit pribadi yang terletak di Mumbai dan dimiliki oleh Mukesh Ambani, seorang miliarder asal India.

Bernilai lebih dari US$1 miliar atau setara dengan Rp14,7 triliun rumah ini menampilkan arsitektur yang mengikuti prinsip filosofi " Vastu Shastra",

4. Gemini Mansion

Gemini Mansion adalah sebuah bangunan megah yang terletak di tepi pantai dengan total luas sekitar 696.000 kaki persegi. 

Bangunan ini dibeli oleh miliarder teknologi Larry Ellison pada tahun 2022 dan terletak di sekitar 2.500 kaki garis pantai, dengan sekitar 1.300 kaki di Danau Worth dan sekitar 1.200 kaki di Samudra Atlantik.

5. The Manor

The Manor, juga dikenal sebagai Spelling Manor karena sebelumnya dimiliki oleh produser TV Aaron Spelling; namun, kemudian istana megah ini dibeli oleh Petra Ecclestone, tetapi pemilik saat ini tidak diketahui.

Dalam hal ukuran, The Manor lebih besar dari Gedung Putih, sekitar 20 kali lebih besar dari rumah rata-rata di Amerika. Terletak di sebelah Mansion Playboy di Holmby Hills, The Manor berdiri di situs lama rumah Bing Crosby.

6. Biltmore Estate

Biltmore Estate di North Carolina  adalah rumah pribadi terbesar di Amerika Serikat. Selain menjadi hunian, bangunan ini juga menjadi museum sejarah dan atraksi turis utama sampai sekarang. Mansion ini dibangun oleh George Washington Vanderbilt antara 1889 hingga 1895.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper