Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Peluang Bisnis Lalamove, Bisa Sewakan Kendaraan ke Perusahaan

Selain membuka peluang bagi mitra driver, kini Lalamove juga memberi kesempatan bagi para pemilik armada.
Lalamove
Lalamove

Bisnis.com, JAKARTA - Menyewakan sejumlah kendaraan untuk perusahaan logistik bisa menjadi opsi bisnis yang menjanjikan. 

Pasalnya, sektor logistik memiliki permintaan lebih stabil dan konstan dibandingkan dengan rental kendaraan perjalanan pribadi yang sangat fluktuatif tergantung pada musim tertentu. 

Dengan bisnis rental kendaraan untuk logistik, Anda bisa memanfaatkan aset kendaraan Anda untuk mengirim barang dan memenuhi kebutuhan transportasi yang konstan sepanjang tahun.

Selain itu, bisnis rental kendaraan untuk logistik juga memiliki pasar yang luas dan dapat menjangkau berbagai industri dan bisnis, seperti e-commerce, manufaktur, perusahaan pengiriman, dan lain sebagainya.

Lalamove pun menangkap peluang ini menjadi bisnis yang menguntungkan bagi sejumlah pengusaha armada. 

“Jika kendaraan tersebut tidak produktif dan jarang digunakan. Alhasil bukan pendapatan yang diterima, melainkan pengeluaran sebab harus membayar biaya perawatan. Lalamove punya solusinya,” tulisnya dikutip dari situs resmi Lalamove, Rabu (3/5/2023). 

Lantas, seperti apa mekanisme bisnis dan syarat menjadi mitra dari bisnis Lalamove ini?  

Profil Bisnis Lalamove 

Lalamove adalah sebuah platform pengiriman barang yang berbasis aplikasi asal Hong Kong, yang menyediakan layanan pengiriman instan dan antar-kota di hampir seluruh kota di Pulau Jawa. 

Dalam upayanya untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang yang semakin kompleks, selain membuka kesempatan banyak masyarakat untuk bergabung menjadi mitra driver. Lalamove juga membuka peluang bagi pemilik aset kendaraan atau rental untuk menyewakan kendaraannya. 

Melalui platform barunya, yaitu manajemen fleet, pemilik armada dapat mendaftarkan dan mengatur kendaraan serta pengemudinya di dalam satu platform. 

Sederhananya, Anda akan menyewakan armada serta pengemudi kepada Lalamove untuk selanjutnya dapat terhubung dengan pesanan pengiriman barang dari para pelanggan Lalamove melalui aplikasi. 

Nantinya, bisnis dijalankan sesuai dengan sistem berkeadilan, di mana driver mendapatkan 80 persen hasil dari biaya pengiriman.

Melansir dari situs perusahaan, akan ada potongan komisi pengiriman antarkota sebesar 5 persen, transparansi dalam menentukan jadwal pengemudi dan armada Anda serta pemilihan rute hingga jenis pengiriman sesuai yang diinginkan

Syarat Mitra Penyedia Armada

Untuk menjadi mitra penyedia armada di Lalamove, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mitra. Persyaratan tersebut antara lain:

1. Minimal memiliki 5 kendaraan dan 5 pengemudi

Sebagai informasi, selain kendaraan kecil, Lalamove juga membuka kesempatan untuk armada besar (truk) yang beragam, mulai dari van, pick-up bak, pick-up box, engkel box, engkel bak, truk CDD bak, truk CDD box, truk fuso bak, truk fuso box hingga truk pendingin atau reefer box.

2. Menyediakan informasi yang diperlukan untuk proses validasi

Informasi yang diperlukan, seperti nama resmi dari pemilik atau manajer armada., nomor telepon pemilik, kota area operasional, jenis kendaraan, perkiraan jumlah pengemudi dan kendaraan yang terdaftar di armada

3. Mengikuti proses pendaftaran dan proses verifikasi

Daftar yang diperlukan pada saat pendaftaran, mulai dari merek dan model kendaraa, pelat nomor kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, dan foto kendaraan

Cara Gabung di Manajemen Armada Lalamove

- Buat dan daftar akun sebagai pemilik armada di halaman situs resmi manajemen armada Lalamove 

- Login ke akun pemilik armada yang sudah berhasil dibuat.

- Daftarkan kendaraan.

- Tunggu hingga armada Anda disetujui.

- Daftarkan pengemudi Anda.

- Tunggu hingga pengemudi Anda disetujui.

- Pasangkan pengemudi dan armada.

- Armada Anda siap menerima pemesanan pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper