Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebisnis, Begini Kiat Gaet Investor untuk Modali Bisnis Anda

Mau gaet investor untuk mendanai proyek dan bisnis Anda? Ini rahasianya.
Tips bisnis strategi/istimewa
Tips bisnis strategi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Terlepas dari kondisi ekonomi yang baik atau sedang tidak pasti, prinsip dasar dalam membangun sebuah perusahaan startup yang menarik bagi investor tetaplah sama.

Untuk meyakinkan calon investor, Anda harus punya solusi yang Anda tawarkan dapat menyelesaikan masalah besar dalam pasar yang luas dalam kondisi pasar yang menguntungkan atau tidak pasti.

Berikut adalah lima tips gaet investor

1. Menjelaskan masalah secara jelas

Penting bagi seorang pengusaha untuk dapat menjelaskan dengan cepat dan jelas masalah yang dipecahkan oleh perusahaannya kepada investor. 

Hal ini menjadi sangat penting karena investor tahu bahwa kegagalan sebuah startup biasanya disebabkan oleh kurangnya permintaan terhadap produk tersebut. 

Anda perlu menjelaskan dengan spesifik apa yang membuat solusi Anda berbeda dan mampu membuat pelanggan mengubah perilaku mereka serta bersedia membayar untuk produk baru Anda.

2. Mengenal audiens Anda

Anda perlu memastikan dengan pasti bahwa Anda berada dalam ruang lingkup yang menarik bagi investor dan visi serta tujuan Anda sejalan dengan mereka. 

Investor yang berinvestasi dalam perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tinggi biasanya mencari pertumbuhan yang sangat cepat di industri-industri tertentu, seperti bahan-bahan maju, teknologi informasi, atau bioteknologi. 

Jika visi Anda tidak dipicu oleh risiko dan ketekunan yang dibutuhkan untuk membangun dan memperluas bisnis di sektor tersebut, maka wirausaha dengan pertumbuhan tinggi mungkin bukanlah jalur yang tepat bagi Anda.

3. Berikan bukti

Tidak ada yang lebih kuat daripada menunjukkan pemahaman Anda yang langsung tentang pasar yang Anda targetkan. 

Pengusaha yang telah mengalami masalah tersebut dalam peran sebelumnya atau kehidupan pribadi mereka secara unik memahami dampak dan potensi keuntungan dari solusi mereka. Jika ini adalah latar belakang Anda, itu bagus. 

Jika tidak, jelaskan apa yang telah Anda pelajari dan bagaimana Anda berubah arah berdasarkan survei, wawancara, dan mendengarkan pelanggan untuk membangun kredibilitas, hal ini makin membuktikan bagaimana model bisnis Anda berjalan. 

4. Memahami ekonomi

Penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan agar bisnis baru Anda mencapai pertumbuhan tahunan sebesar 20%, 50%, atau 100%?

Investor akan mendengarkan ketika Anda menunjukkan pemahaman yang jelas tentang ekonomi unit bisnis untuk perusahaan Anda. 

Tunjukkan bagaimana Anda dapat mencapai daya tarik yang cukup dengan fitur awal dan para early adopters untuk membuktikan pasar dan keberhasilan teknis solusi Anda. 

Terkadang, pengusaha terlalu fokus pada solusi yang spesifik sehingga mereka menjadi kurang terbuka terhadap solusi yang mungkin lebih baik. Tunjukkan bahwa Anda tahu bagaimana mendengarkan sinyal dan dapat melakukan perubahan arah jika itu diperlukan untuk skala yang lebih besar.

5.  Fokus pada pengembangan bisnis

Meskipun mungkin ada beberapa pasar jangka panjang dan peningkatan produk, jangan membagi fokus tim Anda. Bisakah Anda membangun solusi tersebut? Apakah ada kesenjangan dalam solusi tersebut? 

Apakah Anda dapat mengisi kekosongan tersebut? Fokuslah pada pengembangan bisnis, bukan inovasi produk. Buktikan skalabilitas di pasar pertama dan hasilkan pendapatan yang cukup untuk mendapatkan pendanaan berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan tambahan.

6. Tunjukkan pola pikir yang fleksibel

Pola pikir fleksibel merupakan hal penting yang dicari oleh investor dalam seorang pengusaha. 

Investor ingin melihat bahwa Anda memiliki integritas yang tinggi dan kemampuan untuk belajar dan berkembang. Setiap interaksi dengan Anda akan mempengaruhi persepsi investor terhadap Anda sebagai seseorang yang dapat dipercaya dan diinvestasikan.

Dalam menjalankan bisnis, penting untuk menemukan keseimbangan antara kepercayaan diri dan rendah hati. Bersedia mengakui apa yang Anda ketahui dan tidak tahu adalah tanda dari kematangan sebagai seorang pengusaha. Ingatlah bahwa hampir setiap pengusaha melakukan kesalahan di sepanjang perjalanan mereka.

Selain itu, fleksibilitas pola pikir juga diperlukan dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang mungkin terjadi dalam rencana bisnis Anda. Berusaha mencari nasihat dari sumber yang dapat dipercaya, tetapi juga percayalah pada insting Anda. Sukses dalam kewirausahaan seringkali kembali pada hal-hal dasar seperti validasi pasar, kesesuaian antara produk dan pasar, dan tetap fokus pada rencana bisnis Anda.

Dalam rangka menarik minat investor, perlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, belajar dari kesalahan, dan tetap fokus pada tujuan jangka panjang Anda. 

Fleksibilitas pola pikir ini akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Anda dan kemungkinan untuk mendapatkan investasi yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper