Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trik Agar Konsumen 'Repeat Order' Dagangan Anda

Tingginya persaingan bisnis online, membuat konsumen memiliki beragam pilihan produk. Lantas, seperti apa cara agar konsumen melakukan repeat order
Ilustrasi penjualan online/Reuters-Heinz-Peter Bader
Ilustrasi penjualan online/Reuters-Heinz-Peter Bader

Bisnis.com, JAKARTA - Mencatatkan penjualan berulang di marketplace memang dapat menjadi tantangan bagi sejumlah pelaku bisnis online.

Tingginya persaingan menjadi salah satu faktor yang menyulitkan UMKM untuk bersaing dan membangun basis pelanggan yang kuat.

Hal ini sempat dialami oleh Head of Marketing Elite Spring Bed, Fajri. Dirinya mengaku, sebagai produsen kasur merasa kesulitan jika produknya harus dipasarkan ke marketplace.

“Orang cenderung ingin merasakan langsung ya produknya sebelum membeli. Tapi kan kita tidak bisa seperti itu, jadi saya melihat ada alternatif cara bagi sejumlah bisnis yang memiliki masalah sama seperti kami,” ujarnya. 

Bahkan, kini hasilnya, Elite Spring Bed berhasil mencatat peningkatan pemesanan sebesar 60 persen, peningkatan pendapatan sebesar 156 persen dan ROAS sebesar lebih dari 9 kali lipat

Kiat Membuat Konsumen Repeat Order

1. Buat konten marketing

Menurut Fajri, membuat konten marketing memainkan peran penting dalam strategi pemasaran yang efektif. 

Pasalnya, konten yang dibuat dan dibagikan untuk tujuan membangun merek, menarik minat pelanggan potensial, dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens. 

“Kita selalu rajin ya di media sosial buat konten softselling. Dengan menyediakan informasi yang berharga, solusi bagi masalah mereka, atau menghibur mereka, Anda dapat membangun minat dan memperluas jangkauan merek Anda,” katanya. 

2. Deskripsi produk yang detail

Dengan memberikan deskripsi produk yang detail, Anda dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. 

Pelanggan cenderung merasa lebih nyaman dan yakin dalam melakukan pembelian ketika mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang produk.

Informasi yang detail juga mengindikasikan, Anda adalah penjual yang transparan dan berkomitmen terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan.

Dalam konteks produk yang dia jual. Maka, penting untuk menyediakan deskripsi yang jelas dan detail mengenai kasur yang dijual. Sertakan informasi tentang bahan, ketebalan, kekerasan, dan fitur khusus lainnya. 

“Berikan juga petunjuk yang membantu calon pelanggan dalam memilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya. 

2. Memasang iklan berbayar secara konsisten

Sebagai penyedia springbed ternama di Indonesia yang telah berdiri sejak 1987, dirinya mengaku telah memasang iklan sejak 2017. 

Baginya, pemasangan iklan, mulai dari e-commerce tempat penjual itu membuka tokonya atau dengan memanfaatkan iklan berbayar dari marketplace yang terintegrasi dengan media sosial menjadi sangat penting. 

Tidak hanya itu, Fajri juga mencatat, yang terpenting dalam meningkatkan penjualan di lokapasar ialah dengan kekonsistenan dalam memasang iklan. 

Sebab, untuk menjaring pembeli yang telah ditargetkan, tidak cukup hanya sekali dua 

kali saja dalam mempromosikan toko maupun produk melalui iklan.

“Iklan berbayar ini kita bisa tracking, seperti apa pasar yang kita inginkan. Dari usia berapa pembeli itu, atau dari daerah mana dia, sampai mereka sukanya apa, itu bisa disesuaikan,” imbuhnya. 

Menurutnya, tanpa iklan, bisa dibilang bisnis yang dijalankan sulit berkembang,

“Tidak masalah lah ya bagi penjual untuk menyisihkan sedikit modal usahanya untuk memasang iklan, karena cara ini akan efektif untuk menjaring pasar yang ditargetkan,” ucapnya. 

3. Fokus pada kepuasan pelanggan

Memastikan kepuasan pelanggan adalah kunci utama untuk mencatatkan penjualan berulang.

Pastikan produk atau layanan yang Anda tawarkan berkualitas tinggi dan memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. 

Perhatikan umpan balik pelanggan dan tanggaplah terhadap masukan atau keluhan yang mungkin mereka berikan. Berikan pengalaman pelanggan yang baik, baik itu melalui komunikasi yang responsif, pengiriman yang tepat waktu, atau pelayanan purna jual yang efisien. 

Dengan memprioritaskan kepuasan pelanggan, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan peluang mereka untuk kembali membeli dari Anda.

4. Program loyalitas dan insentif

Implementasikan program loyalitas yang menarik bagi pelanggan Anda. Ini dapat berupa program poin atau reward yang memberikan insentif bagi pelanggan setia.

Berikan diskon khusus, penawaran eksklusif, atau hadiah sebagai apresiasi atas pembelian dan dukungan mereka. Program seperti ini dapat mendorong pelanggan untuk kembali membeli dan menjadi duta merek yang setia. 

5. Inovasi

Selain itu, penting untuk terus berinovasi dan memperbarui penawaran produk atau layanan Anda. Selalu cari cara baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper