Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis Anda dicuri Plagiator? Ini Cara Mengalahkannya

Kiat mengalahkan si plagiat ide bisnis Anda dengan cara elegan dan efektif
Ilustrasi plagiat bisnis
Ilustrasi plagiat bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ide merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis.

Ketika sebuah ide, seperti model bisnis, logo, merek, grafis, dan lainnya, ditiru oleh orang lain, itu akan sangat mengesalkan.

Plagiarisme tidak hanya mengenai ide, tetapi yang paling sering ditiru adalah ide.

Dilansir dari Forbes, beberapa industri mungkin lebih mudah bagi para peniru untuk bertahan.

Tapi, bukan berarti Anda yang punya bisnis orisinil bisa kalah bersaing dengan si plagiat tadi.

Oleh karena itu, Anda harus mencari cara untuk berurusan dengan peniru. Apakah mereka benar-benar meniru atau hanya kebetulan.

Berikut cara menangani pesaing yang meniru sesuatu dari bisnis Anda dilansir dari Entrepreneur dan Forbes.

1. Lakukan pemeriksaan secara legal

Marah merupakan reaksi yang normal saat melihat seseorang meniru bisnis Anda.

Namun, Anda juga perlu bangga karena ide yang dipikirkan sekian lama disetujui seseorang bahkan ditirunya. Lakukanlah pemeriksaan apakah mereka melanggar sebuah hukum, seperti hak cipta.

2. Tantang mereka

Anda perlu angkat bicara dan berbicara dengan orang-orang tersebut. Ajukan pertanyaan tentang bisnis mereka dan tantang apa yang mereka klaim secara profesional.

Konfrontasi Anda mungkin akan menghasilkan mereka berhenti meniru dan bergerak ke arah lain. Jalur hukum adalah pilihan terakhir apabila mereka tetap meniru dan merugikan Anda.

3. Analisis pesaing Anda

Jika memiliki pesaing yang pada dasarnya adalah peniru dari bisnis Anda, tidak perlu terlalu khawatir. Ketika peniru mencoba menjual tiruan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kualitasnya berbeda dari ide asli.

Namun, pesaing yang meniru bisnis Anda yang melakukan dengan baik perlu dianalisis. Anda perlu membuat strategi agar melampaui mereka.

4. Fokus pada strategi bisnis sendiri

Fokuslah pada bisnis Anda sendiri dibanding mengurus terus-menerus pesaing yang meniru tersebut. CEO Amazon Jeff Bezos pernah berkata bahwa jika kita dapat membuat pesaing fokus pada kita, sedangkan kita fokus pada bisnis atau pelanggan membuat bisnis kita akan baik-baik saja.

Bangun strategi Anda untuk pelanggan dan peniru akan selalu selangkah di belakang karena mereka tidak akan tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya.

5. Berinovasi

Fokus pada bisnis dan pelanggan membuat Anda lebih leluasa dalam berinovasi. Terus temukan kembali model Anda sendiri saat bergerak maju.

Terus ciptakan hal-hal baru yang mungkin ingin ditiru orang dan bisnis Anda akan tetap utuh dan terlindungi. Persaingan ada di sekitar kita, jadi gunakan itu sebagai motivator untuk berpikir kreatif, gesit, dan terus tingkatkan diri dan model bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper