Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Tips agar Dilirik Investor

Investor akan mendengarkan ketika Anda menunjukkan pemahaman Anda terkait ekonomi unit bisnis untuk perusahaan Anda.
Tips bisnis planning agar mendapatkan modal dana dari investor/istimewa
Tips bisnis planning agar mendapatkan modal dana dari investor/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki Bisnis, bisa mencoba beberapa tips dibawah ini, untuk mendapatkan perhatian dan suntikan dana dari investor.

Mencari dan mendapatkan tambahan modal yang cukup bagi kemajuan bisnis Anda bukanlah hal mudah. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar memahami apa yang diinginkan oleh investor.

Saat Anda memulai bisnis, maka calon investor bisa mencari solusi Anda untuk memecahkan masalah besar. Investor juga bisa mewujudkan rencana bisnis Anda dalam kondisi pasar yang baik atau tidak pasti.

Dilansir dari Entrepreneur, berikut adalah tips agar dilirik investor dan mendapatkan suntikan modal:

1. Detailkan masalahnya

Pebisnis perlu menjelaskan masalah yang bisa dipecahkan oleh perusahaan kepada investor. Hal pertama yang penting saat ini adalah seberapa cepat dan jelas seorang wirausahawan dapat mengutarakan masalah yang dipecahkan oleh perusahaan rintisannya.

Investor mengetahui bahwa startup menjadi gagal karena tidak adanya permintaan yang cukup untuk produk tersebut.

2. Kenali audiens Anda

Investor di perusahaan dengan teknologi tinggi mencari pertumbuhan yang sangat pesat di industri tertentu. Jika visi Anda tidak diperkuat oleh risiko dan daya tahan yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan bisnis tersebut.

3. Berikan bukti

Pengusaha yang pernah mengalami masalah maka akan memahami dampak, potensi, keuntungan dan solusi dari masalah. Saat bisnis Anda sudah memiliki pelanggan tetap, maka ini akan menarik perhatian dari investor.

4. Memahami ekonomi

Investor akan mendengarkan ketika Anda menunjukkan pemahaman Anda terkait ekonomi unit bisnis untuk perusahaan Anda. Disaat itulah Anda perlu menunjukkan daya tarik untuk membuktikan kelayakan pasar dan teknis dari solusi dan pasar Anda.

Janganlah dulu terfokus pada inovasi produk, tetapi tentang bagaimana perkembangan bisnis Anda. Buktikan skalabilitas di pasar pertama dan hasilkan pendapatan yang cukup untuk mendapatkan pendanaan lanjutan untuk mendukung pertumbuhan selanjutnya.

5. Tunjukkan pola pikir Anda yang fleksibel

Investor ingin berkolaborasi dengan wirausahawan yang berintegritas tinggi dan mudah dilatih. Setiap interaksi yang dilakukan akan mempengaruhi apakah Anda merupakan seorang yang dapat dipercaya dan ingin diinvestasikan oleh investor atau tidak. Penting juga untuk terbuka terhadap apa yang Anda ketahui dan tidak ketahui karena pada dasarnya tidak ada pengusaha yang tidak pernah melakukan kesalahan.

Hampir setiap startup akan membutuhkan pola pikir yang fleksibel untuk mengubah beberapa aspek dari rencana bisnis mereka. Kewirausahaan yang sukses selalu kembali ke validasi pasar, kesesuaian produk/pasar, dan tetap fokus pada rencana bisnis kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper