Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap, Bos OceanGate Langgar Aturan Pembuatan Kapal Selam Titanic yang Hilang

Rekaman soal Stockton Rush beredar, di mana dia mengaku harus melanggar aturan untuk membangun kapal selam yang saat ini hilang di laut
Ocean gate Titan
Ocean gate Titan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketidakpatuhan terhadap standar keamanan dan tekanan air yang ekstrem mungkin menjadi penyebab hilangnya kapal selam Titan. 

Sebelumnya, kapal yang terakhir kali mengirimkan sinyal ketika berada tepat di atas bangkai kapal Titanic, sekitar satu jam 45 menit setelah proses penurunan selama dua jam, sejumlah teori muncul soal penyebab hilangnya kapal tersebut

Namun, dalam rekaman video yang baru muncul, Stockton Rush, bos OceanGate, mengakui dia telah mengakui dia telah melanggar beberapa aturan untuk membangun kapal selam tersebut. 

"Beberapa aturan untuk menciptakan kapal selam ini, tetapi saya mengabaikan panduan untuk membuat kapal laut dalam dan percaya jika langkah-langkah yang diambil sudah didasarkan pada logika dan teknik yang baik,” ungkapnya dilansir dari Daily Mail pada Jumat (23/6/2023)

Di sana, terekam Rush sedang memberikan tur kepada aktor Meksiko Alan Estrada di dalam kapal selam tersebut sebelum perjalanan mereka menuju Titanic. 

 “Ini kaca plexiglass akrilik,” kata Rush kepada Estrada saat ditanya terbuat dari apa jendela yang dipasang di bagian depan kapal Titan.

Dalam klip yang muncul di TikTok, Rush terlihat sangat percaya diri dengan penemuannya. 

Dia memberikan tur ke interior kapal selam kepada Estrada dan menjelaskan beberapa fitur dan inovasinya. Rush menyebut kapal selam tersebut bisa ditempati oleh empat orang, dengan dua orang duduk di dekat jendela dan ua orang di belakang mereka, serta pilot di belakang kapal. 

Dia juga menjelaskan tentang jendela akrilik tebal berukuran tujuh inci di bagian depan Titan yang memungkinkan penumpang melihat reruntuhan Titanic yang terletak 12.500 kaki di bawah permukaan laut.

Menurutnya, penemuan menjadi inovasi ketika dapat diterima secara luas, dan dia berpikir bahwa masa depan manusia ada di bawah air, mengeksplorasi kehidupan baru dan menghadapi tantangan di dalam lautan.

Sejumlah teknik dan uji coba yang tepat dapat menghindari hambatan dan bahaya pun dia paparkan seperti gantung, jaring ikan, dan keterikatan yang dapat menghalangi kapal selam untuk naik ke permukaan. 

Dia pun menyatakan soal ambisinya untuk bisa dikenang sebagai inovator

Saat Uji Coba, Kapal Titan Sempat Kehabisan Baterai

Sejak Titan menghilang, lewat pengalamannya pula, Estrada berbagi bagaimana baterai kendaraan selam Titan tiba-tiba habis selama ekspedisi, yang menyebabkan mereka harus mengakhiri misi lebih awal. 

Selama misi pada Juli 2022 untuk melihat reruntuhan kapal laut Titanic, sumber energi Titan cepat terkuras hingga 40 persen. 

Sehingga, mengakibatkan waktu yang mereka habiskan di dalam kapal selam di sekitar bangkai kapal berkurang dari empat jam menjadi satu jam. Mereka harus kembali ke permukaan sebelum kapal selam kehabisan daya.

Estrada menjelaskan dalam video YouTube-nya bahwa pengurangan waktu tersebut dilakukan demi alasan keamanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper