Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis Bagi Pensiunan

Pensiun mungkin merupakan kesempatan terakhir dan terbaik untuk mewujudkan impian, seperti menjalankan bisnis sendiri.
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang mungkin membuat rencana tetap produktif setelah pensiun. Membuat bisnis atau berwirausaha adalah salah satunya.

Pensiun mungkin merupakan kesempatan terakhir dan terbaik untuk mewujudkan impian, seperti menjalankan bisnis sendiri. Setelah pensiun, Anda masih memiliki kesehatan dan energi. Tidak hanya itu, pengalaman yang didapatkan dari pekerjaan sebelumnya bisa diandalkan dalam berwirausaha. 

Waktu yang dimiliki setelah pensiun juga menguntungkan sehingga dapat berbisnis dengan maksimal. Dilansir dari The Economics Time, keunggulan individu merupakan modal yang dimiliki pensiunan.

Namun, adapun masalah mengenai bisnis yang dibuat saat pensiun, salah satunya masalah kurangnya orientasi kinerja. Banyak pensiunan lelah mengejar target dan tujuan sehingga lebih memilih untuk mengambil pekerjaan yang tidak membutuhkan pencapaian target yang ketat. Mereka menginginkan fleksibilitas dalam kehidupan kerja bisnis tersebut.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya Anda mencoba berwirausaha. Berikut adalah ide-ide bisnis untuk pensiunan.

1. Pemilik indekos atau penginapan

Memiliki indekos atau penginapan adalah salah satu bisnis yang cocok untuk pensiunan. Ini bisa menjadi bisnis autopilot sehingga bisa menghemat waktu Anda. Walaupun modal yang dibutuhkan lebih banyak, tapi pendapatannya mungkin juga akan lebih banyak.


2. Franchise

Banyak pilihan franchise di Indonesia. Dari  modal terjangkau hingga tinggi tersedia dalam merek lokal maupun interlokal. Franchise memiliki  banyak keuntungan termasuk kesadaran merek bawaan, rencana bisnis dan materi pemasaran dan promosi.


3. Membuka tutor belajar

Jika dari ranah akademisi, Anda mungkin bisa membuat bimbingan belajar untuk siswa. Ini mungkin menguntungkan Anda mulai dari mengatur jam sendiri, mengatur tarif sendiri, hingga menentukan dapat melakukan sesi secara langsung atau online.


4. Pemandu wisata

Dilansir dari US Chamber, pemandu wisata bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap aktif sambil berbagi pemandangan, suara, dan rasa tempat yang paling disukai dengan orang lain yang ingin mempelajarinya. Tur lokal terbaik memberi para pelancong pengalaman khusus dan mendalam, yang dapat berbasis sejarah, berbasis seni, berbasis kuliner, berbasis agama, atau bertema di sekitar salah satu dari banyak tren saat ini. 


5. Penitipan anak

Bisnis penitipan anak bisa dijalankan individu maupun kelompok. Anda bisa membuat tempat penitipan dengan beberapa karyawan. Anda juga bisa membuka bisnis penitipan dengan Anda sendiri yang menjadi karyawan untuk satu atau sedikit anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper