Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis Bagi Pensiunan

Pensiun mungkin merupakan kesempatan terakhir dan terbaik untuk mewujudkan impian, seperti menjalankan bisnis sendiri.
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

6. Penitipan hewan

Sama seperti penitipan anak sebelumnya, tetapi ini hewan yang dititipi. Kehidupan pengasuh hewan peliharaan dipenuhi dengan fasilitas termasuk persahabatan, aktivitas fisik teratur, dan banyak waktu bermain yang membangkitkan semangat. 


7. Laundry

Usaha laundry dalam skala kecil tidak mempekerjakan terlalu banyak karyawan, sehingga bisnis laundry merupakan bisnis yang tepat untuk Anda jalankan setelah pensiun. Anda juga bisa mengaturnya sendiri, mulai dari mencuci baju kotor di mesin cuci, menyetrika, hingga mengatur keuangan.


8. Warung sembako

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak tergantung seberapa besar bisnis yang dibuka. Usaha warung sembako ini dapat dijalankan di rumah sendiri, sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan tetap menjaga warung sembako tersebut. Jual kebutuhan sehari-hari yang banyak dicari pembeli seperti beras, minyak goreng, telur, snack, sembako dan lain-lain di warung sembako Anda.


9. Perkebunan atau peternakan

BFI Finance menyarankan untuk Anda yang tinggal di pedesaan untuk mencoba menjalankan bisnis peternakan atau perkebunan. Cobalah menjalankan usaha budidaya lele atau usaha ayam petelur yang merupakan jenis usaha peternakan dengan modal yang minim dan keuntungan yang maksimal. 


10. Sewa kendaraan

Jika memiliki kendaraan pribadi, apalagi lebih dari satu, Anda bisa menyewakannya ke orang-orang. Ini menguntungkan untuk Anda karena tidak memerlukan modal yang banyak. Biaya utama yang harus dikeluarkan  adalah biaya perawatan. Ini juga menguntungkan jika Anda tinggal di dekat tempat wisata.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper