Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Revenue Streams atau Sumber Pendapatan yang Wajib Diketahui

Jika ingin memulai sebuah bisnis, revenue streams adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan.
Tips bisnis strategi/istimewa
Tips bisnis strategi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Revenue Streams atau aliran pendapatan adalah berbagai sumber pendapatan bisnis untuk memperoleh uang baik dari operasional, penjualan barang atau penyediaan layanan. 

Tidak hanya berlaku untuk bisnis besar, konsep revenue streams juga bisa diterapkan oleh pelaku UMKM. 

Jika ingin memulai sebuah bisnis, revenue streams adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Memahami revenue streams juga dapat membantu untuk mengembangkan strategi dan meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka panjang. 

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (7/8/2023), berikut ini adalah 7 revenue streams atau aliran pendapatan:

1. Penghasilan yang diperoleh

Penghasilan yang diperoleh adalah penghasilan utama yang berasal dari pekerjaan. Penghasilan ini berasal dari uang yang didapatkan sebagai imbalan atas waktu dan upaya yang dilakukan untuk pekerjaan. 

Aliran pendapatan ini seringkali ditandai dengan upah tetap per jam, gaji tahunan, atau gaji berbasis komisi.

Salah satu manfaat dari penghasilan yang diperoleh adalah penghasilan ini umumnya menyediakan sumber pendapatan yang konsisten dan dapat diandalkan. Penghasilan ini memungkinkan Anda untuk menutupi biaya hidup dasar dan menabung untuk masa depan. 


2. Keuntungan modal

Pendapatan ini diperoleh dari penjualan aset seperti saham dan reksa dana. Dengan berinvestasi pada aset yang mengalami kenaikan nilai dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, individu dapat memperoleh capital gain. 

Meskipun capital gain dikenakan pajak, beberapa skema investasi, seperti Reksa Dana, menawarkan pengecualian untuk mendorong partisipasi.

3. Pendapatan bunga

Pendapatan bunga umumnya dihasilkan dari rekening tabungan dan obligasi. Namun, suku bunga yang ditawarkan oleh bank biasanya lebih rendah daripada tingkat inflasi, yang berarti uang Anda dapat kehilangan nilainya dari waktu ke waktu.


4. Pendapatan dividen

Pendapatan dividen merupakan pendapatan pasif yang diperoleh dari investasi pada aset yang menghasilkan dividen seperti reksa dana, saham yang membayar dividen, kepemilikan bisnis, atau Real Estate Investment Trusts (REITs). 

Dividen merupakan bagian dari keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya, yang menyediakan sumber pendapatan yang konsisten.


5. Pendapatan sewa

Pendapatan sewa adalah penghasilan yang bisa diperoleh dengan memiliki properti dan menyewakan kepada penyewa.  Properti sewaan seperti gedung perkantoran, rumah, atau apartemen dapat memberikan aliran pendapatan pasif yang stabil.


6. Penghasilan bisnis

Pendapatan ini adalah penghasilan yang diterima sebagai keuntungan dari berbagai usaha bisnis, menjual aset, atau pekerjaan sampingan. Sumber pendapatan ini memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan dan dapat dicapai melalui kewirausahaan, pekerja lepas, atau bisnis paruh waktu.


7. Pendapatan royalti

Pendapatan royalti adalah bentuk pendapatan pasif yang diperoleh dengan memiliki dan melisensikan kekayaan intelektual, seperti paten, hak cipta, atau merek dagang. 

Bentuk pendapatan ini dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil dan dapat diandalkan, karena pendapatan royalti biasanya diperoleh secara teratur, berdasarkan penggunaan atau penjualan kekayaan intelektual.

Salah satu manfaat dari pendapatan royalti adalah dapat memberikan sumber pendapatan yang konsisten tanpa perlu pemeliharaan atau investasi yang berkelanjutan. 

Selain itu, memiliki kekayaan intelektual dapat memberikan tingkat perlindungan dan keamanan, karena dapat mencegah orang lain menggunakan atau mengambil keuntungan dari karya kreatif Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper