Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orang Terkaya ke-6 Dunia, Mengapa Warren Buffet Masih Tinggal di Rumah Tua?

Ternyata ini alasan Warren Buffet, orang terkaya ke-6 di dunia, masih tinggal di rumah tua miliknya di Omaha.
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang tak kenal Warren Buffet? Investor pasar modal kawakan sekaligus salah satu miliarder dunia tersebut terkenal karena jumlah kekayaannya yang fantastis. Meski sudah tajir melintir, ternyata Warren Buffet masih memilih untuk tinggal di sebuah rumah tua di Omaha, Amerika Serikat. 

Warren Buffet bercerita bahwa rumah tersebut telah dia ditempati kurang lebih mencapai tujuh dekade atau tepatnya sejak tahun 1958 hingga sekarang. Walaupun sudah bergelimang harta, nyatanya dia memilih tetap tinggal dirumah miliknya yang berlokasi di Omaha tersebut.

Warren Buffett, yang akan berusia 93 tahun pada bulan ini, telah menjadi inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Selain sebagai investor yang sukses, Warren Buffet yang dikenal dengan sebutan'Peramal dari Omaha'. Dia pun membagiak berbagai tantangan perjalanan & pengalaman yang dimiliki dari sembilan dekade hidupnya. 

Dilansir dari Indian Times Senin (14/8/2023), Warren Buffet masih tinggal di rumah kecil yang sama dengan yang dibelinya hampir tujuh dekade yang lalu. Rumah tersebut terletak di Omaha, negara bagian Nebraska, Amerika Serikat. 

Pada 1958, Warren Buffett dan istrinya saat itu membeli rumah seluas 6.570 kaki persegi dengan lima kamar tidur dan 2,5 kamar mandi di Omaha. Dia membeli rumah itu 65 tahun lalu seharga US$31.500. Tak main-main, rumah Warren Buffet saat ini bernilai sekitar US$1,44 juta.

Bukan itu saja, dia bahkan tidak berencana untuk menukar rumah Omaha-nya dengan rumah yang lebih mewah dalam waktu dekat. Lantas, mengapa Warren Buffet masih tinggal di rumah tua yang dia tempati sejak 1958?

"Saya bahagia di sana. Saya akan pindah jika saya pikir saya akan lebih bahagia di tempat lain," jelasnya.

Ia pun menambahkan bahwa Rumah miliknya ini baik-baik saja. Warren dan istrinya merasa hangat dan nyaman tinggal di sana, meskipun itu merupakan sebuah rumah tua.

"Saya tidak bisa membayangkan memiliki rumah yang lebih baik dari rumah ini," ujarnya.


Investasi Terbaik Warren Buffet 

Dalam sebuah surat tahun 2010 kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway, Warren Buffett menuliskan bahwa epemilikan rumah masuk akal bagi sebagian besar orang Amerika, sehingga dijadikan sebagai pemasukan terbesar yang berasal dari rumah yang disewakan. 

Secara keseluruhan, investasi terbaik ketiga yang pernah dia lakukan adalah pembelian rumah miliknya, meskipun dia akan menghasilkan lebih banyak uang seandainya memilih untuk menyewa rumah tersebut lalu membeli saham dengan menggunakan uang hasil sewa tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Warren Buffet juga menyampaikan hal investasi kedua terbaik miliknya adalah cincin kawin.

"Dengan nilai US$31.500 yang saya bayarkan untuk rumah kami, saya dan keluarga saya mendapatkan 52 tahun kenangan yang luar biasa dan masih banyak lagi yang akan datang.

Dia menegaskan juga bahwa hal ini tidak dapat berhasil pada semua orang.

Pasalnya, kata dia, rumah bisa menjadi mimpi buruk jika mata pembeli lebih besar daripada dompetnya dan jika pemberi pinjaman yang seringkali dilindungi oleh jaminan pemerintah tersebut. 

"Orang hanya akan terkurung dalam fantasinya semata," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper