Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Perancang Busana Terkaya di Dunia, Kekayaan Tembus Rp144 Triliun

Dari Vera Wang hingga Giorgio Armani, ini 10 perancang busana terkaya di dunia
Giorgio Armani/Culturedcollector.com
Giorgio Armani/Culturedcollector.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perancang busana atau desainer adalah seseorang yang mendesain pakaian untuk dipakai oleh orang lain.

Para seniman ini menciptakan merek pakaian yang mengikuti tren, gaya, dan ide yang mereka dapatkan dalam proses merancang lini atau koleksi baru mereka.

Menjadi seorang perancang busana tentu saja membutuhkan bakat, kreativitas, kesabaran, dan pengetahuan yang luar biasa tentang industri mode. Saat ini, ada banyak desainer yang telah berhasil mengembangkan merek yang bernilai jutaan bahkan miliaran.

Berikut ini adalah beberapa perancang busana yang memiliki kekayaan fantastis dan masuk dalam daftar desainer terkaya di dunia.

1. Giorgio Armani

Giorgio Armani adalah perancang busana terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$9,6 miliar atau Rp144 triliun. Perancang busana dan pengusaha asal Italia ini adalah pendiri Armani Company, yang dimulai sebagai butik pada tahun 1965 bernama Arma.

Karyanya terkenal dengan setelan jas berpotongan rapi, yang ditampilkan dalam film-film seperti Miami Vice. Dia juga merancang pakaian wanita dan memiliki lebih dari 300 butik di AS. Armani dianggap sebagai salah satu perancang pertama yang membawa gaya Italia ke khalayak internasional.

2. Ralph Lauren

Ralph Lauren adalah perancang busana terkaya kedua di dunia pada tahun 2023 dengan kekayaan bersih sebesar US$8 miliar Rp120 triliun. Mogul fesyen Amerika ini memiliki merek Polo Ralph Lauren yang menghasilkan pendapatan lebih dari US$4 miliar per tahun.

Dia memulai kariernya dengan memproduksi dasi pria dan kemudian beralih merancang pakaian dan aksesori pria sendiri pada tahun 1968. Mereknya saat ini telah meluas dan memiliki 35 toko butik di AS.

3. Miuccia Prada

Miuccia Prada adalah seorang perancang busana dan pengusaha wanita asal Italia, dengan kekayaan bersih sebesar US$5 miliar Rp75 triliun. Dia mengambil alih bisnis manufaktur barang mewah keluarga pada tahun 1978, yang sebelumnya dimiliki oleh Prada bersaudara. Kepemimpinannya sebagai direktur kreatif telah membuat merek ini berkembang menjadi salah satu merek yang dangat dikenal di industri mode.

4. Tom Ford

Tom Ford meduduki salah satu daftar 10 perancang busana terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih sebesar US$2 miliar atau Rp30 triliun. Dia memiliki karier yang sangat sukses sebagai perancang busana dan sutradara film. Ford juga telah menulis dan menyutradarai dua film: A Single Man dan Nocturnal Animals.

5. Domenico Dolce & Stefano Gabbana

Duo desainer Italia ini mendirikan rumah mode mewah mereka pada tahun 1985. Mereka telah menciptakan berbagai macam desain, termasuk kain yang mewah dengan pola eklektik hingga setelan gangster.

Pada tahun 2023, masing-masing dari mereka memiliki kekayaan lebih dari US$1,5 miliar Rp22,5 triliun, membuat mereka masuk dalam daftar miliarder perancang busana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper