Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman Agar Tak Merusak Persahabatan

Agar tidak boncos dan merusak persahabatan, ini 7 tips sukses bisnis bareng teman
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menjalankan bisnis bersama teman seringkali dianggap lebih mudah dan menyenangkan karena sudah mengenal mitra bisnis satu sama lain.

Pemahaman karakter ini bisa dianggap sebagai modal awal untuk memperkuat kerja sama tersebut. Namun, tak jarang bisnis yang dibangun bersama teman juga bisa menimbulkan perselisihan, kesalahpahaman, hingga berakibat fatal pada bisnis yang sedang dijalankan.

Berikut beberapa tips sukses untuk memulai bisnis bersama teman

1. Pastikan Anda dan teman Anda cocok untuk menjadi mitra bisnis

Kualitas yang membuat orang menjadi teman yang baik tidak selalu sama dengan kualitas yang membuat orang menjadi mitra bisnis yang baik.

Sebelum memulai, Anda bisa mempertanyakan beberapa hal, seperti: apakah Anda memiliki etos kerja yang sama? Tujuan yang sama? Apakah Anda pernah mengalami konflik sebelumnya?

2. Tetapkan harapan dan tujuan

Selain memperhatikan kecocokan Anda sebagai mitra bisnis, Anda perlu memastikan bahwa Anda berdua memiliki pemahaman yang sama tentang apa yang ingin kalian capai. Apakah kalian memiliki visi yang sama tentang bisnis ini?

3. Pisahkan masalah bisnis dan urusan pribadi

Anda harus bisa membedakan urusan bisnis dengan urusan pribadi Anda. Misalnya, hindari membahas bisnis ketika Anda sedang meluangkan waktu di luar pekerjaan dengan teman Anda.

Namun, jangan sungkan untuk menegur apabila teman bisnis Anda bekerja tidak sebagaimana mestinya atau meninggalkan tanggung jawab dalam urusan bisnisnya.

4. Tentukan pembagian tugas masing-masing

Perjelaslah peran masing-masing mitra sebelum Anda membangun bisnis. Anda akan menghilangkan konflik dan kebingungan saat menjalankan bisnis tersebut. Namun, tetaplah terbuka terhadap perubahan dan mudah beradaptasi jika diperlukan.

5. Sering-seringlah berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika tidak ada komunikasi, akhirnya akan menyebabkan kebingungan. Jika dalam lingkungan bisnis, kebingungan tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Meskipun Anda sudah sangat dekat dan mempercayai teman Anda, Anda masih perlu berkomunikasi dengan jelas tentang segala hal mengenai bisnis yang Anda lakukan.

6. Rencanakan pembagian keuntungan di awal

Bisnis yang dibangun bersama teman seringkali bermasalah akibat pembagian keuntungan yang tidak jelas. Untuk menghindari masalah ini, kedua pihak sebaiknya menyepakati tentang pembagian keuntungan di awal sebelum memulai sebuah bisnis.

7. Pelajari cara mengatasi konflik

Konflik adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari, bahkan di antara sahabat mitra bisnis yang paling cocok sekalipun. Tingkat fleksibilitas dan keterbukaan terhadap masalah adalah hal yang penting saat memulai usaha.

Ketika terjadi perselisihan mengenai kesalahan yang dilakukan oleh salah satu pihak, cobalah untuk memaafkan dan mencari solusi atas masalah tersebut. Ingatlah bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan dan cobalah untuk tidak saling menyalahkan, tidak peduli siapa yang salah. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper