Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Mengatasi Masalah Bahasa di Lingkungan Baru

Cobalah untuk belajar perlahan mengenal frase yang paling sering diajukan, agar lebih mudah dimengerti.
Tips menghadapi masalah bahasa di lingkungan baru
Tips menghadapi masalah bahasa di lingkungan baru

Bisnis.com, JAKARTA – Kesuksesan sangat tergantung dengan cara Anda merespon permasalahan dan juga daya juang untuk memecahkan hambatan, khususnya bagi perantau.

Dilansir Worldremit (11/9/2023) menurut kamus Mirriam-Webster, hambatan bahasa didefinisikan sebagai ‘kesulitan bagi orang-orang karena mereka berbicara dalam bahasa yang berbeda.’ Terkadang, disaat seseorang orang masuk dalam lingkungan yang baru, hambatan bahasa menjadi masalah yang dihadapi, baik dari dialek, aksen hingga bahasa gaul.

Namun, hal ini hanya bersifat sementara dan akan terasa biasa saat kamu sudah bisa beradaptasi dan belajar bahasa pada lingkungan baru.

Simak tips sukses mengatasi hambatan bahasa dalam lingkungan baru:

1. Pelajari Kata dan Frase Penting

Ketika masuk dalam lingkungan baru, banyak frase atau kata-kata yang belum dimengerti tapi sangat penting untuk diketahui. Cobalah untuk belajar perlahan mengenal frase yang paling sering diajukan, agar lebih mudah dimengerti dan membantu penyesuaian. Misalnya kata yang mendefinisikan permintaan tolong.

2. Tuliskan Frase Kunci

Setelah menemukan kata atau frase bermanfaat yang mungkin berguna, catatlah kata tersebut dalam buku atau ponsel agar lebih mudah diingat.


3. Gunakan Bahasa Tubuh

Tubuh manusia adalah alat yang ampuh untuk mengatasi hambatan bahasa. Faktanya, Albert Mehrabian, seorang peneliti bahasa tubuh menemukan bahwa 55% komunikasi dilakukan secara non-verbal. Kata-kata itu sendiri hanya membentuk 7% dari komunikasi dan 38% lainnya dipahami melalui variasi vokal.


4. Terbuka Mempelajari Hal-hal Baru

Tetap berpikiran terbuka akan menjadi bagian integral dari kemajuan. Hal ini mungkin sulit dilakukan pada awalnya karena kesulitan yang dihadapi saat mengatasi kendala bahasa. Namun, seiring berjalannya waktu, saat mengenal adat istiadat setempat, kamu akan mengembangkan kosakata baru yang dapat digunakan untuk mengekspresikan diri.


5. Berlatih Berinteraksi dengan Penduduk Setempat

Salah satu cara tercepat untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan berlatih berbicara. Beranikan diri untuk bergaul dengan siapa saja dan perlahan belajar serta pelan-pelan mengimplementasikan bahasa baru yang kamu dapat.


6. Temukan Layanan Penerjemah yang Andal

Mintalah bantuan penerjemah yang berkualifikasi atau temukan layanan terjemahan yang memenuhi kebutuhan. Berhati-hatilah saat mencari layanan dan pastikan untuk memeriksa kualifikasi layanan tersebut agar kemudian tidak kembali terjebak atau dijebak karena hambatan bahasa. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper