Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kerja Online dari Rumah dan Tanpa Modal, Bisa Cuan Banyak!

Simak beberapa daftar kerja online yang bisa kamu kerjakan dari rumah, dan tanpa modal.
10 Kerja Online dari Rumah dan Tanpa Modal, Bisa Cuan Banyak!/Freepik.
10 Kerja Online dari Rumah dan Tanpa Modal, Bisa Cuan Banyak!/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, banyak orang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama mereka. Salah satu yang paling populer adalah dengan melakukan kerja online. Dengan teknologi yang semakin maju, menjalankan bisnis online tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Kamu bahkan bisa memulainya di rumah dengan modal yang terjangkau.

Berikut ini adalah beberapa daftar kerja online yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Online Teaching

Online teaching atau bimbingan online menjadi semakin populer belakangan ini. Alasannya karena kepraktisan dan fleksibilitas yang dimilikinya. Seorang guru tidak perlu pergi ke tempat mengajar jauh-jauh karena bisa dilakukan daring. Ada beberapa jenis bimbingan online, seperti tutoring, coaching, dan kursus privat.

Kerja online ini cocok untuk karyawan dan mahasiswa yang butuh penghasilan tambahan. Sebelum memulainya, kamu perlu menentukan niche atau bidang yang diajarkan, rencana dan materi pembelajaran yang informatif, hingga mempromosikan layanan kamu dengan efektif.

2. Usaha Dropshipping 

Dropshipping adalah salah satu usaha sampingan online yang sedang populer. Konsepnya sangat sederhana, yaitu menjual produk tanpa harus membeli dan menyimpan stok barang terlebih dahulu. Dalam bisnis dropshipping, kamu hanya perlu mencari supplier yang bersedia mengirimkan produk langsung ke pelanggan kamu.

Untuk memulai bisnis dropshipping, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, antara lain mencari produk yang laku di pasaran, menentukan harga yang kompetitif, mencari supplier yang terpercaya, dan mempromosikan produk kamu dengan efektif.

3. Virtual Assistant 

Untuk memulai bisnis virtual assistant, kamu perlu menentukan jenis layanan yang ingin ditawarkan. Selain itu, kamu juga harus menentukan harga yang kompetitif, mencari klien yang potensial, hingga membangun reputasi sebagai seorang virtual assistant yang efisien.

4. Usaha Reseller

Kerja online untuk pelajar atau mahasiswa yang tak kalah seru adalah menjadi reseller produk. Di sini, kamu bisa membeli barang dari suatu distributor atau supplier dengan harga yang relatif lebih murah, kemudian menjualnya kembali dengan menaikkan harga produk secara wajar.

5. Penerjemah Bahasa Asing 

Menjadi translator atau penerjemah bahasa asing sangat cocok digeluti orang-orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam bidang bahasa. Usaha sampingan online ini bisa dilakukan mahasiswa atau lulusan sarjana bahasa asing sebelum mendapat pekerjaan tetap.

Fee yang didapat dari pekerjaan online translator cukup tinggi, loh. Kamu bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan artikel penelitian atau ikut dalam freelance project. Jika dilakukan dengan konsisten, bukan tidak mungkin kamu akan punya nama dan bahkan direkrut oleh perusahaan bergengsi.

6. Penulis Artikel 

Kerja sampingan online yang tidak mengharuskan tatap muka, salah satunya yaitu penulis artikel lepas. Para penulis disediakan wadah berupa whatsapp grup atau sejenisnya sebagai sarana komunikasi perihal pekerjaan.

Gaji yang diterima freelancer penulis artikel cukup menggiurkan. Para freelance penulis artikel bulanan biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 500 ribu, sedangkan penulis artikel per konten akan dihargai 30 ribu – 150 ribu.

7. Jualan Foto di Internet

Ketika kamu menyukai dunia fotografi dan hasilnya cukup bagus, cobalah untuk menjualnya di platform jual beli foto. Kamu cukup membuka internet dan mempublikasikan hasil foto karya kamu di platform tersebut. Semua transaksi pembayaran dilakukan secara online.

Kerja online seperti ini sangat mudah dilakukan tanpa merepotkan dan mengganggu waktu kamu di rumah. Setiap foto memiliki harga yang berbeda-beda. Foto yang dijual bisa dibeli dengan harga termurah mulai puluhan ribu saja hingga jutaan rupiah.

8. Influencer

Penghasilan influencer didapatkan dari endorse yang masuk. Konsumen yang memakai jasa influencer, tarif paling murahnya dari 50 ribu rupiah. Namun, ketika sudah menjadi influencer terkenal, kerja online ini bisa mendapatkan nilai endorse puluhan juta dalam 1 kali posting story.

9. Platform Jual Beli Barang Bekas

Keuntungan dari platform jual beli ini cukup menambah pundi-pundi rupiah. Tarif perantara bisa kamu sesuaikan sendiri, misalnya untuk 1 produk yang diposting dihargai 10 ribu rupiah. Cara pembayaran tarif ini bisa melalui transfer uang maupun pulsa.

10. Jasa Desain Grafis 

Bidang usaha ini cukup tinggi permintaannya, apalagi di era modern yang serba visual seperti sekarang. Tak heran, fee yang dipatok biasanya tinggi dan menjanjikan. Jika tertarik, mulailah menerima proyek-proyek dan menjadi freelance graphic designer. Kesempatan kerja online ini bisa menjadi batu loncatan sebelum turun ke dunia kerja.

Itulah beberapa kerja online yang bisa kamu jadikan kerjaan sampingan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper