Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mark Cuban Beberkan Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Pengusaha Baru

Miliarder Mark Cuban membocorkan rahasia kesalahan yang harusnya dihindari pebisnis baru.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Mark Cuban, salah satu pebisnis sukses dunia, membeberkan rahasianya membangun bisnis, termasuk kesalahan yang harusnya dihindari oleh para pebisnis baru. 

Dalam kemunculannya di acara “Good Morning America” bintang acara "Shark Tank" itu menjawab pertanyaan pemirsa mulai dari bagaimana menjalankan bisnis kecil-kecilan serta memberi nasihat bisnis kepada pemula yang baru memulai usaha. 

Menjawab pertanyaan terkait apa saja kesalahan yang harus hindari sebagai seorang wirausaha, dan apa saja kesalahan terbesar yang sering kali menjadi korban para wirausahawan pemula. Cuban merespons dengan jawaban yang sebagian besar dari kita sering diajarkan sejak awal kehidupan. 

"Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Ketika saya berumur 25 tahun saya memulai perusahaan pertama saya setelah saya dipecat, dan saya selalu berpikir saya harus bersikap jahat karena saya lebih muda dari orang lain, dan itu salah," kata Cuban, dilansir Entrepreneurs, Rabu (23/10/2023).  

Cuban melanjutnya, hal yang dipelajarinya selama bertahun-tahun adalah bahwa bersikap baik sangat membantu, termasuk membuat bisnisnya laku dan  menghasilkan lebih banyak uang. 

Dia menindaklanjutinya dengan filosofi sederhana, dan sesuatu yang dia cari ketika berinvestasi pada wirausahawan pastikan untuk fokus pada hal yang benar.

“Saya awalnya sangat bersemangat untuk menghasilkan penjualan padahal saya seharusnya lebih bersemangat dalam menghasilkan keuntungan,” kata Cuban, menekankan bahwa ada perbedaan besar di antara keduanya.

Sebelumnya, bintang Shark Tank itu juga sempat berbagi tentang hari-hari awal dia memulai bisnisnya, mengatakan sebagian besar kesuksesannya karena kombinasi keberuntungan, waktu, dan  kerja keras.

"Saya selalu mengatakan kepada orang-orang bahwa hidup ini setengah random, dan itu adalah kenyataan bagi semua orang," katanya. 

Kekayaan Mark Cuban

Menurut Bloomberg, Cuban diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$6,27 miliar. Dia mendulang kekayaannya dari di antarnaya menjadi pemilik media online, dan Dallas Mavericks. 

Mark Cuban mendirikan portal video Broadcast.com dengan sesama alumni Universitas Indiana Todd Wagner pada 1995 dan menjualnya ke Yahoo seharga US$5,7 miliar pada 1999.

Saat ini dia memiliki Dallas Mavericks di NBA dan salah satu pendiri Cost Plus Drugs, yang diluncurkannya pada Januari 2022 dengan tujuan menurunkan harga obat resep.

Dia sempat menjadi penjual  prangko dari rumah ke rumah saat masih kecil dan memberikan pelajaran disko untuk membantu membiayai biaya kuliahnya di Universitas Indiana.

Cuban terinspirasi untuk memulai usahanya sendiri ketika dia dipecat dari toko perangkat lunak karena menutup penjualan senilai US$15.000 alih-alih membersihkan toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper