Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisa Kamu Tiru, 10 Kebiasaan Orang Kaya dan Sukses

Simak beberapa kebiasaan kaya yang bisa kamu tiru, agar menjadi sukses di masa muda.
Tips kaya dan sukses/Getty Image
Tips kaya dan sukses/Getty Image

Bisnis.com, JAKARTA — Banyak orang kaya dan sukses memiliki kebiasaan unik dalam kesehariannya. Kebiasaan itut bisa kamu tiru, karena bisa membawa Anda menuju kesuksesan. 

Kebiasaan orang kaya dan tips sukses dapat membantu Anda meningkatkan kemungkinan menjadi kaya dalam waktu dekat. Karena kebiasaan-kebiasaan ini dapat berdampak besar pada kesuksesan masa depan kamu. 

Sebelum menjadi sukses dan kaya, seseorang pasti melewati suatu perjuangan yang luar biasa. Perjuangan tersebut biasanya berawal dari kebiasaan yang dilakukan secara berulang dalam kesehariannya. 

Ketika seseorang memiliki kebiasaan yang baik mungkin saja menjadi awal dari suatu kesuksesan di masa depan. 

Dilansir careeraddict, kebiasaan orang kaya dan sukses yang bisa kamu tiru:

1. Menetapkan Tujuan

Tren umum di kalangan orang kaya adalah menetapkan tujuan utama yang luas, seperti menjadi jutawan. Setiap tindakan yang mereka ambil membuat mereka semakin dekat dengan tujuan ini. 

Namun menetapkan tujuan yang luas saja tidak cukup karena kamu memerlukan  tujuan spesifik yang dapat ditindaklanjuti dan dicapai jika kamu ingin menjadi kaya. Mungkin untuk mendapatkan sejumlah uang X pada waktu Y.

2. Melatih Mendengarkan Secara Aktif

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan penting bagi orang kaya. Mereka lebih sedikit berbicara dan lebih banyak mendengarkan memungkinkan mereka memahami apa yang dibutuhkan orang lain. 

Kembangkan kemampuan kamu untuk mendengarkan orang lain dengan cermat, dan kamu akan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan membina hubungan, yang keduanya penting untuk kesuksesan.

tips menjadi orang kaya yang sukses
tips menjadi orang kaya yang sukses

3. Makan sehat

Makan sehat akan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker dan banyak masalah kesehatan lainnya. Pada dasarnya, para jutawan memiliki lebih banyak waktu untuk mencapai tujuannya jika mereka tidak selalu sakit.

4. Berolahraga Secara Rutin

Sama halnya dengan makan sehat; berolahraga setiap hari akan meningkatkan energi secara keseluruhan. Kejelasan, konsentrasi, pembersihan, kenikmatan, umur lebih panjang, dan menghilangkan stres hanyalah beberapa dari ratusan alasan mengapa orang kaya dan sukses berolahraga setiap hari.

5. Aktif Berjejaring

Jangan meremehkan kekuatan jaringan dengan suatu tujuan. Berhubungan dengan orang lain dan menawarkan bantuan adalah salah satu aktivitas paling umum yang dilakukan orang kaya dan sukses. 

Pastikan kamu menjangkau orang lain dan memperkenalkan diri sehingga kamu diperhatikan dan menonjol dari orang lain.

6. Tidak Menonton TV

Kebanyakan orang sukses menghindari menghabiskan lebih dari satu jam menonton TV setiap hari. Beberapa bahkan tidak menonton TV sama sekali. 

Mengapa? Mereka tahu bahwa mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih produktif daripada membuang-buang waktu di depan kotak.

7. Membaca Setiap Hari

Membaca sangat penting jika kamu ingin mengubah cara berpikir kamu sebagai pribadi dan meningkatkan tingkat kesadaran. 

Orang-orang sukses membaca setidaknya 30 menit sehari, tetapi mereka tidak membaca sembarang buku, mereka membaca buku-buku yang membantu pengembangan diri dan buku-buku yang merangsang mental. 

Orang sukses membaca buku setidaknya 30 menit, setiap hari
Orang sukses membaca buku setidaknya 30 menit, setiap hari

8. Terus Tingkatkan Diri

Orang sukses selalu berusaha untuk tumbuh dan menjadi lebih baik. Perbaikan diri terus-menerus adalah salah satu kebiasaan paling menarik yang dilakukan oleh orang-orang sukses karena mereka bangga dengan apa yang mereka miliki tetapi tidak pernah puas, yang mengakibatkan mereka selalu mempelajari hal-hal baru dan mengalami situasi baru.

9. Berpikir Positif

Orang kaya memandang dunia berdasarkan kemungkinan dan peluang, berpikiran terbuka, dan fleksibel terhadap ide-ide baru. 

Mereka tidak pernah menyia-nyiakan sebuah kesempatan sebelum kesempatan tersebut diberikan pengadilan yang adil, dan mereka sering kali harus mengatasi orang-orang yang pesimis dalam hidup mereka agar segala sesuatunya berjalan lancar.

10. Menyimpan Uang

Penelitian menunjukkan bahwa mengelola uang secara efektif dapat membantu  menjadi kaya. 

Orang kaya tidak mengumpulkan semua uang itu dengan membelanjakannya secara sembrono. Jika kamu berhasil mengendalikan pengeluaran dan menghemat persentase penghasilan setiap hari, dijamin kamu akan jauh lebih kaya dari sebelumnya dalam waktu singkat. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper