Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Binaan Pertamina, Omzet Rumah Jahit Lestari Tembus Rp1 Miliar

Rumah Jahit Lestari, UMKM binaan Pertamina Hulu Rokan, berhasil meraup omzet hingga Rp1 miliar.
Peserta pamerkan hasil workshop hand embroidery Pertamina SMEXPO 2023 di Gandaria City Mall, Selasa (31/10/2023)/Bisnis-Ni Luh Anggela
Peserta pamerkan hasil workshop hand embroidery Pertamina SMEXPO 2023 di Gandaria City Mall, Selasa (31/10/2023)/Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lewat program ini, muncul berbagai UMKM yang berhasil memiliki omzet hingga ratusan juta setiap bulannya, yaitu UMKM binaan Pertamina Hulu Rokan yang bernama Rumah Jahit Lestari.

Pendiri Rumah Jahit Lestari, Suci Sustari mengatakan bahwa pihaknya sendiri memulai menjadi binaan dari PHR sejak akhir 2020. Suci bercerita awalnya dirinya mengajukan proposal ke pihak PHR untuk mesin jahit dengan tujuan agar dapat memperdayakan masyarakat sekitar.

“Awal kita gabung PHR karena kita ingin memperdayakan masyarakat sekitar. Kemudian saya pilih usaha di produksi konveski APD perusahaan migas atau baju tahan api,” kata Suci saat ditemui di Pertamina Smexpo 2023 di Gandaria City Mall, Kamis (2/11/2023).

Dalam binaan pihak PHR, Susi menyebutkan bahwa pihaknya diberikan fasilitas seperti alat produksi, dalam hal ini seperti mesin jahit, mesin potong, mesin bordir, dan alat lainnya yang berhubungan dengan konveksi.

Selain pemberian fasilitas, Suci menyampaikan bahwa pihak Pertamina Hulu Rokan juga memberikan pelatihan kepada pihak Rumah Jahit Lestari.

Dari adanya dorongan fasilitas dan pelatihan tentang konveksi, Suci mengatakan sampai dengan saat ini Rumah Jahir Lestari merupakan satu-satunya konveski APD tahan api atau evarsi yang terbesar di Sumatra.

Suci menyebutkan, untuk omzet dalam satu bulan saja pihaknya dapat meraup sekitar Rp1 miliar dari penjualan evarsi ini dalam jumlah ribuan baju.

“Untuk omzet, evarsi sendiri memang cukup mahal tergantung purchase order [PO]. Tapi satu bulan kasarnya bisa dapat Rp1 miliar, karena satu PO bisa seribu baju,” ujarnya.

Suci pun menyampaikan, berdirinya Rumah Jahit Lestari menjadi salah satu cara bagi dirinya untuk memperdayakan teman istimewa yang berada di sekitar Bengkalis.

Saat ini, kata Suci pihaknya memperkerjakan beberapa lansia dan penyandang disabilitas untuk bekerja sama membuat evarsi di Rumah Jahit Lestari.

Lebih lanjut, terkait dengan bussines matching yang digaungkan oleh PT Pertamina, Suci mengatakan bahwa hal tersebut sangat dibutuhkan.

Sebab, dengan bertemunya pihak Rumah Jahit Lestari dengan buyer internasional dapat menjadi cara pihaknya untuk mengetahui seperti apa bahan atau standar yang digunakan oleh dunia.

Perlu diketahui, Pertamina SMEXPO 2023 hadir pada 31 Oktober - 5 November di Gandaria City, Jakarta. Selain di Jakarta, Pertamina SMEXPO 2023 juga ada di tiga kota besar lainnya, yakni Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023), dan Pekanbaru (15-19 November 2023).

Pertamina SMEXPO 2023 juga menjadi sarana temu bisnis pengusaha dan potensial buyer, serta berbagai workshop, hiburan dan kegiatan menarik lainnya.

Selain pameran secara offline, Pertamina SMEXPO dapat diakses secara online melalui platform virtual di smexpo.pertamina.com. Platform ini menjadi market place bagi sekitar 1.000 UMKM binaan Pertamina Group yang terkurasi melalui ribuan produk unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper