Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan Prajogo Pangestu Tembus Rp487 Triliun, Salip Jack Ma hingga Pewaris BMW

Prajogo Pangestu memiliki total kekayaan sebesar US$31,5 miliar atau setara dengan Rp487,21 triliun (kurs Rp15.452) dan masuk ke 50 orang terkaya di dunia.
prajogo pangestu/baritopacific
prajogo pangestu/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA -- Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia. Adapun, secara global kekayaannya menyalip Jack Ma hingga Susanne Klatten, pengusaha wanita sekaligus pewaris saham BMW. 

Melansir Bloombeg Billionaires Index, Minggu (24/12/2023), Prajogo Pangestu memiliki total kekayaan sebesar US$31,5 miliar atau setara dengan Rp487,21 triliun (asumsi kurs Rp15.452). Capaian harta tersebut pun dapat mengantarkan dirinya masuk pada 50 orang terkaya di dunia, tepatnya di urutan ke-47. 

Sementara, secara global, Jack Ma sebagai pendiri Alibaba Group berada di urutan ke-50 dengan kekayaan US$29,7 miliar atau setara dengan Rp459,37 triliun. 

Prajogo juga sukses menyalip posisi Susanne Klatten yang kini berada di peringkat 54 dengan total kekayaan US$28,5 miliar yang setara dengan Rp440,81 triliun.

Melansir dari catatan Bisnis, nama konglomerat Prajogo Pangestu memang kian santer terdengar di kalangan investor berkat emiten barunya, PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) dengan market cap Rp1.003,4 triliun dalam waktu dua bulan sejak perdana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Oktober 2023. 

Bahkan,kapitalisasi pasar BREN milik Prajogo Pangestu sempat berkejaran dengan BBCA milik Hartono bersaudara yang kini sebesar Rp1.149,4 triliun.  

Sederet pundi-pundi cuan Prajogo Pangestu lainnya yakni PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN), hingga PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA). Alhasil, kekayaan Prajogo melojak lebih dari 8 kali lipat, menjadi US$43,7 miliar sekitar Rp678 triliun, dari US$5,1 miliar pada tahun lalu.

Kekayaan Prajogo Pangestu sendiri telah melesat hingga mengalahkan sejumlah konglomerat Tanah Air, seperti Low Tuck Kwong yang menjadi orang kedua terkaya RI sekaligus berada di posisi ke-59 orang terkaya di dunia yang memiliki harta senilai US$27,4 miliar atau setara dengan Rp423,79 triliun. 

Lalu, posisi ketiga ditempati Budi Hartono yang merupakan pemilik Grup Djarum dan BCA, di mana harta kekayaannya mencapai US$22,6 miliar atau setara Rp349,55 triliun. Bloomberg mencatat, Budi Hartono menempati urutan ke-79 dari 100 orang terkaya di dunia.  

Tak mau ketinggalan, sang saudara Michael Hartono juga menjadi orang kaya keempat di Indonesia atau berada pada posisi ke-81 dari 100 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih senilai US$21,5 miliar atau setara Rp332,54 triliun.   

Terakhir, ada Anthoni Salim dengan harta kekayaan senilai US$10 miliar atau setara Rp154,67 triliun pada pekan ini. Anthoni Salim berada jauh dari posisi 100 besar daftar orang terkaya di dunia, di mana dia berada di posisi ke-220 secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper