Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Nama Prajogo Pangestu dan Duo Bos Djarum dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia 2023

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, Prajogo Pangestu menjadi orang kaya di Indonesia yang berada di urutan ke-47 orang terkaya di dunia.
Prajogo Pangestu/Istimewa
Prajogo Pangestu/Istimewa

Bisnis.com,  JAKARTA — Sejumlah konglomerat Tanah Air kembali menghiasi daftar 500 orang terkaya di dunia pada pekan ini. Mereka di antaranya Prajogo Pangestu hingga dua pemilik Grup Djarum, Budi Hartono dan Michael Hartono.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index pada Minggu (24/12/2023), Prajogo Pangestu menjadi orang kaya di Indonesia yang berada di urutan ke-47 orang terkaya di dunia.

Prajogo memiliki harta senilai US$31,5 miliar. Jika dihitung dengan penutupan perdagangan pada Jumat (22/12/2023) senilai Rp15.484 per dolar AS, maka harta Prajogo Pangestu sekitar Rp487,74 triliun. 

Namun, hartanya tergerus US$194 juta atau berkisar Rp3 trilun. Kendati demikian, Prajogo Pangestu masih berada di urutan 50 besar orang terkaya di dunia versi Bloomberg.

Selain Prajogo Pangestu, Bloomberg juga merilis Low Tuck Kwong menjadi bagian dari orang terkaya dengan harta kekayaan mencapai US$27,4 miliar atau setara Rp424,26 triliun. Low Tuck Kwong berada di posisi ke-59 orang terkaya di dunia pada pekan ini.

Nama konglomerat Budi Hartono juga terpampang dalam daftar orang terkaya di dunia yang berada di posisi ke-79. Budi Hartono yang merupakan pemilik Grup Djarum sekaligus BCA memiliki harta mencapai US$22,6 miliar atau sekitar Rp349,93 triliun.

Kemudian, di urutan ke-81, ada Michael Hartono yang bertengger di daftar orang terkaya di dunia. Pemilik perusahaan rokok kretek PT Djarum alias Michael Hartono mengantongi harta kekayaan senilai US$21,5 miliar atau Rp332,9 triliun. Hartanya bertambah US$79,1 juta.

Sementara itu, konglomerat Salim Group sekaligus CEO Indofood, Anthoni Salim mengantongi harta kekayaan senilai US$10,0 miliar dan setara Rp154,84 triliun. Menurut Bloomberg, harta Anthoni Salim  bertambah US$240 juta dan dia berada di urutan ke-220.

Adapun di urutan ke-331, nama taipan Indonesia Sri Prakash Lohia masuk ke daftar orang kaya di dunia. Sri Prakash Lohia yang juga merupakan pendiri dan ketua Indorama Corporation memiliki harta kekayaan senilai US$7,37 miliar ataua sekitar Rp114,11 triliun.

Di sisi lain, Elon Musk masih bertahan di urutan pertama orang terkaya di dunia. Harta bos Tesla itu mencapai US$232 miliar atau setara Rp3.592 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper