Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Darma Mangkuluhur yang Bakal Bangun Lapangan Golf Rp1,2 Triliun

Darma Mangkuluhur anak Tomy Soeharto disebut akan bakal bangun lapangan golf Rp1,2 triliun
Darma Mangkuluhur Hutomo anak Tommy Soeharto/instagram
Darma Mangkuluhur Hutomo anak Tommy Soeharto/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan milik anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo, yakni PT Intra GolfLink Resorts (IGR) bakal menggelontorkan dana Rp1,2 triliun untuk ekspansi ke lapangan golf.

Darma sebagai Komisaris Intra GolfLink mengungkapkan terdapat peningkatan animo masyarakat dalam olahraga golf. 

Persatuan Golf Indonesia (PGI) memperkirakan, jumlah orang yang main golf di Indonesia pada era pandemi dan pascapandemi Covid-19 meningkat rata-rata sekitar 40% dibandingkan pra-pandemi.

Pertumbuhan yang sama terjadi Intra GolfLink Resorts dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Dia juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan jumlah pemain golf di lapangan milik IGR. 

IGR sendiri telah memiliki tiga lapangan golf, yakni Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

Cucu Soeharto itu mengatakan IGR menyiapkan dana investasi mencapai Rp1,2 triliun hingga 2027, tujuannya salah satunya untuk membangun lapangan golf baru di Sentul, Bogor.

Profil Darma Mangkuluhur Utomo

Mengutip berbagai sumber, Darma merupakan anak sulung Tommy Soeharto dengan Tata Cahyani yang lahir pada 8 Agustus 1998. 

Sebelum menjadi pebisnis, pria yang baru berusia 25 tahun itu menempuh pendidikan SMA di Overseas Family School, Singapura pada 2016. Dia kemudian, melanjutkan kuliah di EU Business School, Barcelona, Spanyol dan lulus pada 2019.

Dia juga sempat menggeluti dunia olahraga dengan menjadi pembalap sejak usia 8 tahun. Dia tergabung dalam Humpuss Junir Racing Team, milik perusahaan yang kini dimpimpin olehnya. 

Darma sempat mengikuti beberapa kompetisi dan kejuaraan balap seperti Asia Krting Open Championship 2012, dan 6 seri Asia Cup Master pada 2014 hingga Asian Formula Renault pada 2015 saat usianya 18 tahun. 

Saat ini, selain menjadi komisaris di IGR, Darma juga merupakan komisaris PT Wisma Purnayudha Putra, perusahaan properti mewah milik sang ayah yang mengelola Mangkuluhur City Office Tower.

Darma juga memimpin PT Humpuss Land, sebagai Presiden Direktur. Humpuss Land merupakan perusahaan properti, konstruksi, dan real estat yang juga merupakan milik Tomy Soeharto.

Nama Darma juga ada di balik bisnis Lounge In The Sky, restoran fine dining yang menawarkan pengalaman makan mewah di atas ketinggian 50 meter, dan merupakan yang pertama di Indonesia dengan konsep ini. 

Dia juga memiliki sejumlah bisnis lain di bidang kuliner seperti BOCA RICA Tapas Bar & Lounge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper