Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Sabana Prawiradjaja, Orang Kaya Pebisnis Susu Ultrajaya

Sabana Prawiradjaja berhasil mengembangkan produk olahan susu Ultrajaya.
Sabana Prawiradjaja masuk dalam 50 orang kaya di Indonesia versi Forbes
Sabana Prawiradjaja masuk dalam 50 orang kaya di Indonesia versi Forbes

Bisnis.com, JAKARTA – Sabana Prawiradjaja masuk dalam list 50 orang kaya di Indonesia versi Forbes, dengan memiliki kekayaan sekitar Rp13 triliun pada 2023. 

Sabana Prawiradjaja berasal dari keluarga pendiri PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. dan memiliki sejumlah pencapaian karir yang luar biasa baik bagi keluarga maupun perusahaan.

Perusahaan Ultrajaya didirikan sekitar tahun 50-an tepatnya di tahun 1958 oleh ayahnya yang bernama Ahmad Prawiradjaja dengan konsep industri rumahan dan pengolahan yang sangat sederhana.

Semakin lama perusahaan Ultrajaya berkembang pesat pada tahun 1970 dan menjadi perusahaan yang mengeluarkan produk dengan menggunakan teknologi pengolahan Ultra High Temperature.

Sabana mulai melanjutkan usaha keluarga pada tahun 1971 dengan menjadi Presiden Direktur Ultrajaya.  Pria kelahiran tahun 1940 tersebut lulusan Nanyang Techonology University dengan jurusan Manajemen di Singapura.

Dengan kemampuan yang dimiliki serta pembekalan dari keluarga besarnya, hingga saat ini perusaahan Ultra Jaya telah berhasil mengeluarkan 60 produk yang dibuat dengan menggunakan Ultra High Temperature.

Dalam usia 31 tahun Sabana Prawiradjaja telah memegang jabatan yang cukup tinggi di perusahaan tersebut. Tentunya hal ini berkaitan dengan kemampuan intelektual dan pengelolaan manajemen perusahaan yang cukup baik selama menjabat posisi tersebut. Dia mampu mengembangkan produk baru yang tentunya dapat dikenal dan meraup keuntungan yang luar biasa.

Usaha yang dijalani kini kian merambah, sejak tahun 1980 Ultra Jaya telah mengeluarkan produk lain seperti Teh Kotak, Sari Kacang Hijau, dan masih banyak lainnya. Namun yang menjadi ciri khas dari nama Ultra Jaya ini sendiri adalah produk olahan susu dengan merek Ultra Milk.

Sabana juga berhasil mengeluarkan produk berupa keju yaitu Keju Craft dan Ice Cream dengan merek Campina.

Keluarga dari Sabana Prawiradjaja sendiri juga menjadi kunci keberhasilan usaha yang di jalani hingga saat ini. Saudara laki-lakinya yang bernama Supiandi menjadi Presiden Komisaris, dan anak laki-lakinya yang bernama Samudera Prawidjaja menjadi Direktur di Ultrajaya.

Lantas apakah benar kekayaan dari Sabana Prawiradjaja menembus angka 13 triliun rupiah? Hal ini tidak menutup kemungkinan karena harta kekayaannya sebanding dengan usaha yang dijalani hingga saat ini. Dilansir dari Forbes, Sabana menjadi orang kaya terkaya di Indonesia dengan urutan 50 dengan total kekayaan sebanyak US$900 juta atau sekitar Rp13 triliun.

Kekayaan ini berasal dari harta yang dikelola oleh keluarga besar Sabana Prawiradjaja sendiri. Berdasarkan data tahun 2022 dari situs remsi Ultra Jaya bahwa pemegang saham terbesar masih dipegang oleh keluaga Prawiradjaja itu sendiri dan menembus angka 45%.

Dalam situs resmi Ultrajaya, beberapa komitmen yang tetap dijaga perseroan yakni memproduksi suatu produk, menjaga kualitas mutu, serta mendistribusikan produk terbaik hingga sampai ke tangan konsumen.

Melalui cara seperti ini, perseroan mampu memperlihatkan keseriusan seorang pemimpin dalam perusahaan. Peran Sabana Prawiradjaja terhadap perusahaan yang di kelola hingga saat ini memiliki dampak penting bagi pengelola, karyawan, hingga para penaruh saham yang ada di perusahaan tersebut. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper