Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Dihabiskan, Ini Bisnis yang Bisa Digarap dari Uang THR

Uang THR Anda di lebaran tahun ini bisa digunakan sebagai modal usaha berikut ini
Jangan Dihabiskan, Ini Bisnis yang Bisa Digarap dari Uang THR  Dok. Canva
Jangan Dihabiskan, Ini Bisnis yang Bisa Digarap dari Uang THR Dok. Canva

Bisnis.com, JAKARTA – Uang Tunjangan Hari Raya (THR) selalu dinanti-nanti oleh anak-anak maupun remaja. Pasalnya, uang THR bisa dibelanjakan untuk membeli mainan, makanan, hingga pakaian.

Tapi, uang THR tak melulu dibuat untuk kebutuhan bersenang-senang, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh cuan.

Semisal, menjadi modal kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis kecil-kecilan dari modal uang THR.

Tentunya, risiko kerugiannya pun tidak terlalu besar karena dana yang digunakan bukanlah dana utama untuk sehari-hari Anda, dan Anda memiliki pengalaman sebagai pengusaha.

Berdasarkan beberapa sumber, berikut rekomendasi usaha hanya bermodalkan uang hasil THR.

1. Bisnis Pre-order Makanan atau Minuman

Bisnis pre-order makanan atau minuman merupakan cara yang tepat bagi Anda untuk mengalihkan dana THR. Pasalnya, usaha ini tidak memerlukan modal yang banyak dan Anda hanya bekerja saat ada pesanan masuk saja.

Bisnis ini juga meminimalisir terjadinya risiko kerugian akibat terbuangnya bahan-bahan atau barang produksi. Anda bisa memulai dengan membuat pre-order dengan menu sushi, rice bowl chicken katsu, Smoothies, salad buah atau sayur.

2. Bisnis Laundry

Yap, betul, usaha laundry tidak harus merogoh kocek yang cukup dalam dan tentunya dana THR Anda bisa dipergunakan untuk kebutuhan bisnis ini.Usaha tidak hanya melulu tentang mencuci pakaian, Anda bisa lebih dulu membuka pemesanan untuk jasa mencuci sepatu atau tas.

Jika Anda ingin membuka pemesanan untuk mencuci pakaian, Anda bisa membeli mesin cuci bekas atau memanfaatkan mesin cuci yang sudah ada dirumah. Anda juga bisa mencuci secara manual dan pastinya membutuhkan tenaga ekstra.

3. Bisnis Tanaman dan Sayuran

Apakah Anda senang budidaya tanaman atau sayuran? Mungkin hobi itu bisa dijadikan bisnis. Pasalnya, dana THR yang Anda miliki bisa membeli bibit tanaman atau sayuran yang digandrungi oleh banyak orang.

Terlebih, menanamnya tidak membutuhkan lahan yang besar untuk para pemula. Anda bisa memulainya dengan menanam di pot atau membuat rangkaian hidroponik. Adapun anda bisa menanam sawi, kangkung, cabai , tomat, kaktus, bunga mawar, dan masih banyak lainnya. Anda hanya perlu membeli pot, vitamin, pupuk,dan bibit. Juga jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari.

4. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian bisa Anda terapkan dengan hanya bermodal dana THR. Maraknya thrifting bisa jadi peluang Anda memanfaatkan situasi tersebut, di mana Anda bisa membeli pakaian dalam bentuk Bal yang biasanya tersedia di pasar induk konveksi.

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan brand kaos sendiri, di mana Anda bisa membeli beberapa lusin kaos polos dan memberikan desain sendiri ke kaos tersebut. Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan pasar terkait tren fashion yang sedang ramai. Anda juga perlu bekerja sama dengan jasa konveksi untuk mencetak desain ke kaos.

5. Bisnis Angkringan

Tidak hanya bisnis pakaian yang sedang merajalela, usaha angkringan pun juga banyak penggemarnya. Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa menu andalan yang digemari banyak orang, seperti nasi kucing teri, tongkol, cumi, hingga aneka sate.
Setelahnya, Anda bisa membeli bahan-bahan tersebut dan menjajakannya di dekat rumah atau saat ada event-event tertentu, seperti konser dan Car Free Day.

Tentunya, tips-tips tersebut bisa Anda kondisikan dengan keinganan dan modal yang Anda miliki, agar bisnis yang berjalan sesuai keinaganan Anda dan bisa menghasilkan cuan lebih setelah lebaran. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper