Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumber Kekayaan Crazy Rich PIK, Helena Lim yang Terlibat Kasus Korupsi Timah

Helena Lim yang mendapat julukan Crazy Rich Pantai Indah Kapuk (PIK).
Helena Lim Crazy Rich PIK
Helena Lim Crazy Rich PIK

Bisnis.com, JAKARTA -- Sosok Helena Lim kembali menjadi sorotan lantaran dikabarkan terlibat kasus korupsi izin tambang timah. Sejumlah harta dan barang mewah senilai Rp33 miliar disita dari rumahnya. 

Dari hasil penggeledahan, penyidik menyita barang elektronik, kumpulan dokumen terkait, dan uang tunai sebesar Rp10 miliar dan 2 juta dolar Singapura. 

Lantas siapa Helena Lim dan dari mana sumber kekayaannya?

Helena Lim yang mendapat julukan Crazy Rich Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah seorang pengusaha yang mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya dari bisnis jual beli dolar AS. 

Dilansir dari bincang-bincang bersama Ashanty, istri Anang Hermansyah di video YouTubenya, Helena membeberkan awal mula menjadi seorang Crazy Rich. 

Dia menceritakan bahwa dulu dia hanya orang biasa yang sederhana, bekerja di bank dengan gaji sekitar Rp450.000 per bulan. 

"Dulu 1996 aku masih kerja di bank, gajinya hanya Rp450.000 per bulan. Tapi aku terus kerja di tempat-tempat lain. dari gaji itu aku kerja belum sampai setahun krisis moneter. Tahun 1997 itu ada kustomer aku masukin deposito US$100.000 itu. Dolar waktu itu cuma Rp2.000, dia deposito di aku 3 bulan. Pas 3 bulan aku telpon dia mau diperpanjang nggak, terus dia bilang jual aja," jelasnya. 

Atas kegigihannya, dia membantu mencari cara mencairkan begitu banyak uang dolar, sampai ke kliennya yang lain, yang bisa memberikannya komisi per dolar jika bisa membantu menjual uang dolar. 

"Waktu itu aku bingung cairin gimana caranya, telpon ke ekspor impor ada yang mau cairin dolar, kalau jual ke bank Rp2.900, kalau jual ke kustomernya Rp2.950, lebih tinggi 50 poin. Terus nanti dapat komisi setelah menjual itu. Dari menjual itu saya dapat 1 juta, sudah dapat dua kali gaji," paparnya. 

Dari sana, dia membuka jalan untuk membantu orang menjual dolarnya terutama pada masa krisis moneter. Dia menghubungi semua klien dan membantu menjual dolar yang mereka miliki dengan kurs jual beli lebih tinggi sebagai komisi untuk Helena. 

"Dari situlah aku bisa seperti sekarang, orang banyak punya kesempatannya, tapi tidak tahu cara pakainya. Jadi aku beranikan diri jadi broker, tidak hanya dolar, tapi kalau mau jual beli tanah, rumah, orang juga cari aku. Itu dari gaji sebulan Rp450.000, dari situ bisa dapat Rp15-30 juta sehari," katanya. 

Helena Lim merupakan perempuan kelahiran Medan, 19 November 1976. Dia juga sempat menjadi penyanyi dan model, dan sempat menikah dan bercerai pada 2006. 

Dia memilih hidup sendiri bersama anak-anak dan keluarganya di rumah mewah 3 lantai di PIK berukuran lebih dari 1.500 meter persegi, yang penuh dengan barang mewah dan hiasan ala Da Vinci. 

Sebelumnya, Helena juga pernah mendulang kontroversi lantaran menjadi salahs atu penerima vaksin Covid-19 awal, padahal dinilai bukan termasuk dalam golongan prioritas.

Menyusul keterlibatannya dalam kasus korupsi timah kali ini, akun Instagramnya juga menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper