Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Suzy Hutomo, Pastikan The Body Shop Tetap Beroperasi di Indonesia

Meski bangkrut di AS dan Kanada, Sosok Suzy Hutomo memastikan The Body Shop tetap berdiri di Indonesia
Sosok Suzy Hutomo, Pastikan The Body Shop Tetap Beroperasi di Indonesia/instagramthebodyshopindo
Sosok Suzy Hutomo, Pastikan The Body Shop Tetap Beroperasi di Indonesia/instagramthebodyshopindo

Bisnis.com, JAKARTA - Brand kosmetik ramah lingkungan asal Inggris, The Body Shop dikabarkan bangkrut dan menutup banyak outletnya di Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Namun, tidak di Indonesia. 

Sebelumnya, perusahaan kosmetik ini telah mengajukan bangkrut dan menutup puluhan tokonya di Kanada. Menyusul penutupan yang lebih dahulu dilakukan di Inggris hingga sekitar 198 toko atau separuh dari yang tersebar di Inggris. 

Dalam pernyataan perusahaan pada awal Maret 2024, The Body Shop juga mengumumkan bahwa anak perusahaannya di AS tidak beroperasi efektif pada 1 Maret 2024. Kemudian, 33 dari 105 toko di Kanada juga akan dilikuidasi. 

Selanjutnya penjualan online lewat e-commerce Kanada juga akan berhenti. Meski demikian, sisa toko di Kanada sejauh ini akan tetap buka. 

Kendati demikian, The Body Shop mengumumkan tetap berdiri kokoh di Indonesia. 

Melalui unggahan di Instagram resmi The Body Shop Indonesia, brand kosmetik ini mengonfirmasi bahwa The Bpdy Shop akan tetap ada dengan mempertahankan nilai-nilai otentik dari Anita Roddick. 

"CEO kami, Suzy Hutomo, menyatakan bahwa The Body Shop akan terus ada untuk Beauty Lovers, dengan selalu mempertahankan nilai-nilai otentik dari Anita Roddick," ungkap The Body Shop dalam unggahan di Instagram. 

Lantas siapa Suzy Hutomo? 

Mengutip laman blog miliknya, Suzy Hutomo merupakan pendiri The Body Shop Indonesia, bersama suaminya pada 1992. Dia merupakan putri dari pendiri Matahari Department Store, Hary Darmawan. 

Lulusan jurusan Administrasi Bisnis di National University of Singapore itu membangun The Body Shop Indonesia melalui PT Monica Hijau Lestari, sejalan dengan kegiatannya sebagai seorang aktivis lingkungan. 

Suzy juga pernah menjadi presenter proyek Al Gore's Climate Reality Project, dan menjabat sebagai anggota di berbagai dewan LSM terkemuka seperti Greenpeace South East Asia sejak 2008, Yayasan KEHATI sejak 2012 sampai sekarang, Yayasan Lensa Masyarat Nusantara (LMN) sejak 2014, dan Yayasan Kopernik sejak 2016.

Di bawah naungannya, saat ini ada 23 cabang The Body Shop Indonesia di Jakarta dan sekitarnya. Dengan status bisnis The Body Shop Indonesia yang saat ini berada di bawah naungan Global Head Franchise, brand kosmetik ini masih mencatat pertumbuhan konsisten, terutama di Asia.

Dengan demikian, gerai yang ada di Indonesia beroperasi secara independen, berbeda dengan negara-negara yang dimiliki oleh The Body Shop International Ltd, seperti di Eropa dan Amerika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper