Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Sambangi Indonesia, Ini Sosok Bos Apple Tim Cook

Profil Tim Cook, CEO Apple yang bakal datang ke Indonesia April mendatang
Bakal Sambangi Indonesia, Ini Sosok Bos Apple Tim Cook/Bloomberg
Bakal Sambangi Indonesia, Ini Sosok Bos Apple Tim Cook/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — CEO Apple, Tim Cook dikabarkan bakal datang ke Indonesia pada April 2024. Dia berencana membangun Apple Academy di Bali dan meninjaunya bersama pemerintah.

Rencananya, pada kunjungan di April mendatang, Menkominfo dan Tim Cook akan bersama-sama meninjau Apple Academy yang baru tersebut. 

Apple Developer Academy atau Apple Academy adalah salah satu program resmi dari Apple untuk mengembangkan talenta di bidang IT khususnya untuk pengembangan produk dari Apple.

Berdasarkan catatan Bisnis, Apple sebenarnya sudah sempat dikabarkan untuk berinvestasi dengan membuat pabrik di Indonesia pada 2016. 

Namun, upaya ini gagal karena maraknya pertambangan timah ilegal di Indonesia, sehingga kualitas timah berpotensi tidak sesuai dengan standar perusahaan.

Profil CEO Apple, Tim Cook

Timothy Donald Cook atau yang kerap disebut dengan Tim Cook merupakan pria kelahiran Amerika Serikat yang menjadi penerus Steve Jobs, dan telah lama menjabat sebagai orang nomor satu di Apple. 

Berdasarkan laman Apple Inc., Pria kelahiran 1960 itu diangkat menjadi Chief Executive Officer (CEO) Apple pada Agustus 2011, setelah Steve Jobs mengundurkan diri dari jabatan sebagai pemimpin perusahaan. 

Sebelum diangkat menjadi CEO, Tim adalah Chief Operating Officer Apple dan bertanggung jawab atas semua penjualan dan operasi perusahaan di seluruh dunia, termasuk manajemen end-to-end rantai pasokan Apple, aktivitas penjualan, serta layanan dan dukungan di semua pasar dan negara. 

Dia juga sempat mengepalai divisi Macintosh Apple dan memainkan peran penting dalam pengembangan berkelanjutan hubungan peritel dan pemasok strategis, memastikan fleksibilitas dalam menanggapi tuntutan pasar yang semakin meningkat.

Sebelum bergabung dengan Apple, Tim adalah wakil presiden Corporate Materials untuk Compaq dan bertanggung jawab atas pengadaan dan pengelolaan seluruh inventaris produk Compaq.

Sebelum bekerja di Compaq, Tim juga pernah menjabat sebagai Chief Operating Officer Divisi Reseller di Intelligent Electronics.

Tim juga menghabiskan 12 tahun di IBM, terakhir sebagai direktur North American Fulfillment di mana ia memimpin fungsi manufaktur dan distribusi untuk Personal Computer Company IBM di Amerika Utara dan Latin.

Jadi Miliarder Sejak 2020

Mengutip Forbes, CEO Apple Tim Cook telah resmi mencapai status miliarder sejak 2020, ketika kekayaannya melampauI US$1 miliar.

Mengutip Forbes, saat ini kekayaannya mencapai US$2,1 miliar atau setara dengan Rp44,25 triliun.

Tim memiliki lebih dari 3 juta saham Apple, atau kurang dari 1% saham. Dia telah menjual saham senilai ratusan juta dolar selama bertahun-tahun. Adapun, sejak 2005, dia juga menjabat sebagai dewan direksi Nike.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper