Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Pria di Balik Sephora, Peritel Kecantikan Paling Banyak Dicari di Dunia

Para penggemar produk kecantikan pasti sudah tidak asing dengan Sephora, peritel kecantikan dengan penelusuran terbesar di dunia.
Ilustrasi/metrocommercial.com
Ilustrasi/metrocommercial.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Para penggemar produk kecantikan pasti sudah tidak asing dengan Sephora, peritel kecantikan terbesar di dunia, yang punya strategi khusus, membuat pengunjungnya ingin belanja terus.  

Berdasarkan Indeks Cosmetify 2024 mengungkap Sephora berada di urutan pertama peritel kecantikan terpopuler 2023. Sephora menempati peringkat nomor satu, dengan lalu lintas penelusuran organik tertinggi sebanyak 16,1 juta dan pengikut Instagram sebanyak 22,1 juta.

Bergerak di industri kecantikan, perusahaan ini dibangun oleh seorang laki-laki, Dominique Mandonnaud asal Prancis. 

Mandonnaud lahir pada 5 September 1947 di Limoges. Dia merupakan anak dari dua pedagang kecil sehingga tidak mampu menempuh pendidikan perguruan tinggi. 

Dia mengawali bisnisnya dengan membuka toko pertamanya, Shop 8 pada 1969 di kota kelahirannya. Saat itu, kebanyakan toko kosmetik menyembunyikan produknya di balik konter dan tak memperbolehkan calon pembeli mencoba produknya. 

Kemudian Mandonnaud hadir merevolusi dunia ritel kecantikan dengan memungkinkan pelanggan menjelajahi dan berinteraksi dengan produknya, sehingga mengundang pengunjung yang begitu ramai. 

Pada tahun 1970, Shop 8 kemudian berkembang menjadi Sephora yang sekarang sudah beredar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Mandonnaud terus memperluas merek Sephora hingga pada 1990-an, dia membuka toko utamanya di Champs Élysées pada 1997. 

Pada bulan Juli 1997, Mandonnaud dan mitranya menjual Sephora ke LVMH, yang memperluas tokonya secara global dan memperkuat produk rantai tersebut dengan mencakup produk kecantikan dan kosmetik.  

Sephora memperluas operasinya ke pasar Timur Tengah pada 2007 dan telah membuka lebih dari 44 toko Sephora di UEA dan Arab Saudi serta membuka e-commerce. Perusahaan ini juga kemudian memperluas kemitraannya dengan merek-merek eksklusifnya di wilayah tersebut.

Di Indonesia, Sephora masuk pada 2014, dengan membuka toko pertamanya di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Kehadirannya begitu dinantikan para penggemar produk kecantikan karena sebelumnya lokasi terdekat toko ini hanya bisa ditemukan di Malaysia atau Singapura. 

Saat ini, Sephora sudah memiliki 18 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Bali, Medan, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler