Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Sukses dari Jack Ma, Orang Terkaya di China

Jack Ma merupakan pria kaya raya yang dikenal dengan sebutan crazy Jack. Simak cara menjadi kaya raya dari Jack Ma.
Jack Ma
Jack Ma

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang tak mengenal sosok Jack Ma? Pria yang berasal dari China ini, berhasil sukses dan menginspirasi banyak orang atas kekayaan harta dalam membangun usaha. Maka dari itu, banyak masyarakat yang tertarik untuk mempelajari tips menjadi kaya raya seperti Jack Ma.

Jack Ma merupakan pria kaya raya yang dikenal dengan sebutan ‘crazy Jack’. Karirnya dimulai ketika dirinya menemukan sebuah komputer dan berani untuk membuka usaha di usia 31 tahun. Jenis usaha yang dilakukan oleh Jack adalah e-commerce, dan saat ini dirinya berhasil menjadi anak otak dari Alibaba.com.

Saat ini harta kekayaan yang dimiliki oleh Jack Ma sebesar US$24,5 miliar dan menduduki nomor 79 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Simak 10 tips sukses dan menjadi kaya raya dari Jack Ma:

1. Memiliki visi

Visi merupakan salah satu prinsip dan gagasan yang harus dimiliki oleh banyak orang. Bagi para pengusaha, visi diperlukan sebagai guide untuk menuntun jalannya usaha secara ke depan. Awalnya, Jack berfokus untuk menyerap kepercayaan konsumennya daripada mencoba membangun model pendapatan terbaik. 

Jack percaya hubungan antara perusahaan dan pelanggannya lebih berharga daripada kekayaan apapun. Menurutnya, uang merupakan hal lain dan tidak pernah menjadi tujuan akhir.


2. Jalani kehidupan dengan cinta

Menjalani kehidupan dengan cinta merupakan salah satu kunci kenyamanan. Disaat semua hal berjalan dengan tantangan dan tekanan, cinta hadir sebagai bukti serta alasan untuk selalu bersyukur setiap saat.

Jack Ma berkata “Saya selalu mengatakan pada diri sendiri bahwa kita dilahirkan di sini bukan untuk bekerja, tetapi untuk menikmati hidup. Kami di sini untuk membuat segalanya lebih baik untuk satu sama lain, dan bukan untuk bekerja.

3. Hindari musuh

Dilansir dari knowstartup.com, salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Jack Ma adalah gagasan persaingan persahabatan. Jack Ma tidak pernah melihat pesaingnya sebagai musuhnya, melainkan sebagai teman yang mampu diajak bertukar pikiran dan menantangnya untuk mencapai potensi sepenuhnya.


4. Bersikap tangguh dan cekatan

Untuk menjadi sukses, Jack Ma menyarankan harus bersikap tangguh dan cekatan. Saat menjadi pengusaha, Anda harus bersikap ulet, sergap, dan tangguh dalam menghadapi segala hal.

Manfaat yang dihasilkan dari kedua hal tersebut tidak hanya berdampak positif bagi kesuksesan, tetapi juga menginspirasi orang-orang di sekitar Anda untuk bekerja keras dan mencapai tujuan secara bersama. 


5. Bekerja dengan sikap dan value

Sikap dan value adalah perpaduan serasi yang menjadi kunci atas keberhasilan banyak orang. Anda bekerja dan membangun usaha dengan penuh strategi serta kegigihan yang selalu diterapkan setiap hari.

Namun, dibalik semua hal tersebut terdapat peran dari sikap dan value yang selalu diikutsertakan setiap saat untuk menyeimbangkan jalannya usaha. Jack Ma telah mempelajari banyak hal terkait sikap dan value, untuk menekankan pentingnya memahami situasi serta semangat atas keterampilan teoritis.

tips kaya dari jack ma
tips kaya dari jack ma


6. Mempekerjakan orang-orang yang unggul 

Salah satu strategi besar yang dibangun oleh Jack Ma adalah mempekerjakan orang-orang dengan keterampilan unggul , untuk mengembangkan usaha yang dijalani.

Kesuksesan sesungguhnya berada di tangan para pekerja yang unggul dan bertanggung jawab atas seluruh tugas serta peran yang dijalani semasa bertugas. Jadi, pastikan Anda tidak salah memilih para pekerja maupun orang-orang yang terlibat di dalam kehidupan. 


7. Bersatu dengan tujuan yang sama

Semua orang tentunya memiliki visi misi dan prinsip yang berbeda. Namun, perbedaan tersebut jangan dijadikan sebagai penghalang untuk terus maju dan berkembang, melainkan menjadi semangat serta gebrakan baru untuk melangkah ke arah yang lebih baik.

Jack Ma selalu berpesan untuk selalu menyatukan tujuan dari banyak orang, supaya kedamaian serta kebahagiaan dapat diwujudkan secara bersama dalam meraih kesuksesan. Alasan tersebut yang membuat Jack Ma dikenal sebagai miliarder kaya raya dan kaya hati. 

8. Bersikap otentik

Bersikap otentik merupakan salah satu hal yang memiliki ciri khas dan keuntungan bagi banyak orang. Jack Ma selalu menerapkan perilaku jujur, loyalitas, dan murah hati dalam bekerja. Hal-hal seperti ini yang selalu mendatangkan banyak hal baik di dalam kehidupan. 

9. Berani mengambil peluang

Tips sukses dari Jack Ma adalah membaca peluang. Peluang menjadi salah satu keuntungan yang harus dimanfaatkan oleh banyak orang. Untuk menjadi kaya raya, Anda harus mampu membaca dan memanfaatkan peluang dengan bijak untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Dalam hal ini, Anda harus bersikap tegas dan berani untuk mengambil peluang dengan keberanian dan intuisi yang tajam. Ikuti kata hati dan bersikap yakin bahwa peluang tersebut merupakan jalan terbaik menuju kesuksesan.

10. Hindari sikap mengalah

Mengalah dan kalah tidak ada di dalam rumus kaya raya. Orang-orang yang saat ini dikenal sebagai crazy rich dalam beberapa negara, tentunya menghindari yang namanya kekalahan. Namun, dalam setiap persaingan tentunya ada yang kalah dan menang. 

Satu hal yang perlu ditegaskan adalah, jangan bertindak secara gegabah dalam mengambil keputusan. Manfaatkan peluang sebesar-besarnya untuk mengatur strategi dan umpan balik yang membawa banyak keuntungan di dalam hidup. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper