Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Cari Kerja Lewat Aplikasi Twitter atau X

Aplikasi twitter atau X bisa dipakai untuk mencari kerja, simak tipsnya
Elon Musk/twitter
Elon Musk/twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda berpikir aplikasi X hanya berguna untuk menyebarkan meme, topik lucu, dan opini, maka Anda salah besar.

Sebenarnya, X merupakan alat yang hebat untuk memulai karier Anda.

X cenderung menampilkan kepribadian dan minat Anda secara lebih nyata, sehingga dapat menarik perhatian calon pemberi kerja.

Dilansir dari Save the Student, berikut tips menggunakan aplikasi X yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan:

1. Jadikan profil X Anda lebih profesional

Profil X menjadi peluang utama untuk membuat Anda terlihat lebih profesional secara daring. Profil X dapat menjadi CV Anda dalam versi yang lebih informal.

Tulislah biodata Anda secara ringkas–kurang dari 160 karakter–dan gunakan kata kunci tertentu agar Anda mudah dicari oleh para pemberi kerja. Pada profil X, Anda juga dapat menyebutkan gelar, kegiatan ekstrakurikuler, dan minat Anda.

Tentunya, Anda harus menyiapkan foto profil yang terlihat profesional, tetapi tetap mencerminkan jati diri Anda. Selain itu, Anda juga dapat menautkan situs lain–seperti profil LinkedIn atau situs web pribadi–di profil X Anda.

2. Bangun koneksi X Anda

Meskipun membutuhkan banyak waktu dan usaha, membangun koneksi di X sangatlah penting. Mulailah dengan mengikuti perusahaan yang Anda minati, serta orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Anda juga dapat mengikuti beberapa influencer yang kerap membagikan tips dan trik terkait dunia kerja. Selain itu, jangan lupakan rekan-rekan Anda semasa kuliah atau sekolah yang pernah bekerja sama dengan Anda dalam beberapa proyek.

3. Berinteraksi dengan orang yang Anda ikuti di X

Sekadar mengikuti orang dan organisasi tertentu saja tidaklah cukup. Anda harus mulai melibatkan mereka dengan mengunggah ulang dan membalas konten yang mereka bagikan.

Jika Anda menemukan sesuatu yang menarik, unggah ulang unggahan tersebut dan tambahkan pemikiran Anda sendiri. Siapa pun yang Anda unggah ulang mungkin akan menyadarinya.

4. Temukan lowongan pekerjaan di X

Banyak perusahaan yang akan mengunggah posisi yang mereka butuhkan. Anda dapat mencari tagar populer seperti #nowhiring, #jobsearch, dan #graduatejobs, serta tagar yang lebih spesifik seperti #engineeringjobs atau #salesjobs.

Gunakan situs–seperti X Pro–untuk melacak tagar atau frasa tertentu yang ingin Anda ikuti. Selain itu, sejumlah akun X juga berfungsi sebagai papan lowongan kerja–yang secara berkala akan mengunggah informasi terkait lowongan kerja.

5. Manfaatkan fungsi pencarian X

Secara umum, cara paling efektif untuk mencari pekerjaan di kolom pencarian X adalah dengan menggunakan kombinasi berikut: Lokasi + tingkat pendidikan + 'hiring'/'vacancy'/'job' + jenis industri. Contohnya adalah "Jakarta graduate job media".

Lebih lanjut lagi, Anda dapat mempersempit pencarian dengan filter pencarian. Anda juga dapat memilih untuk melihat hasil penelusuran hanya dari orang-orang yang Anda ikuti.

6. Gunakan fitur “lists” untuk menemukan konten terbaik

Menyaring berbagai unggahan untuk menemukan konten yang relevan bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda dapat menggunakan fitur “lists” atau “daftar.” Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui pembaruan dari beberapa akun yang Anda tambahkan ke dalam daftar. Dengan begitu, konten pun akan tersaring secara otomatis.

Caranya adalah dengan menekan tombol tiga titik di samping tombol 'Ikuti' pada profil suatu perusahaan. Setelah itu, pilih 'Tambah/hapus dari daftar'. Fitur ini dapat bersifat publik atau privat. (Rafi Abid Wibisono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper