Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 10 Calon Triliuner Pertama Dunia, Ada Nama Prajogo Pangestu dari Indonesia

Ada nama Prajogo Pangestu dari Indonesia, ini 10 calon triliuner di dunia
Prajogo Pangestu. Bisnis
Prajogo Pangestu. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA  - Pada tanggal 29 September 1916, surat kabar di AS mengumumkan pencapaian kekayaan yang dulunya dianggap mustahil, yakni orang pertama yang menjadi miliarder di dunia.

Tapi, berita headline The New York Times, menuliskan melonjaknya harga saham Standard Oil “membuat John D. Rockefeller, pendiri dan pemegang saham terbesar, resmi menjadi miliarder pertama di dunia.

Usai Rockfeller tercatat sebagai miliarder dunia pertama, selanjutnya banyak bermunculan miliarder baru di dunia, termasuk Elon Musk, Jeff Bezos dan lainnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang akan menjadi orang pertama yang mencapai angka triliuner?.

Untuk kategori perusahaan yang mencapai aset triliunan sudah ada beberapa nama, seperti Berkshire Hathaway, yang mencapai US$1 triliun tepat sebelum ulang tahun Warren Buffett yang ke-94. Selanjutnya Nvidia kini memiliki pendapatan sebesar US$2,6 triliun, setelah mencapai angka 13 digit pada tahun lalu.

Dan bagaimana dengan orang yang resmi menjadi triliuner pertama? Menurut laporan baru dari Informa Connect Academy, yang memperkirakan status triliuner berdasarkan rata-rata tingkat pertumbuhan kekayaan tahunan, CEO Tesla Elon Musk kemungkinan akan menjadi triliuner pertama di dunia.

Dilansir dari NBC news dan CNBC, Musk saat ini adalah orang terkaya di dunia, dengan $251 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Connect Academy memperkirakan Musk akan menjadi triliuner pada tahun 2027, dengan asumsi kekayaannya terus tumbuh pada tingkat rata-rata tahunan sebesar 110%.

Dilansir dari informa academy, orang kedua yang mencapai status triliuner, menurut laporan itu, adalah Gautam Adani dari India, pendiri konglomerat Grup Adani.

Jika Adani mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 123%, laporan tersebut menyatakan dia akan menjadi triliuner pada tahun 2028.

Jensen Huang, CEO Nvidia, yang kekayaannya meroket dari US$3 miliar menjadi lebih dari US$90 miliar dalam lima tahun, akan menjadi triliuner pada tahun 2028, menurut laporan tersebut. Kekayaannya harus terus tumbuh pada tingkat rata-rata tahunan sebesar 112%. Saham Nvidia sudah naik sekitar 115% tahun ini, setelah naik lebih dari tiga kali lipat pada tahun lalu.

Yang keempat dalam daftar adalah Prajogo Pangestu dari Indonesia, pendiri konglomerat energi dan pertambangan Indonesia, Barito Pacific. Laporan tersebut memperkirakan Pangestu bisa mencapai status triliuner pada tahun 2028.

Yang berada di urutan lima besar adalah CEO LVMH Bernard Arnault, yang saat ini merupakan orang terkaya ketiga di dunia, dengan kekayaan hanya di bawah $200 miliar. Laporan tersebut menyebutkan raja barang mewah menjadi triliuner sekitar tahun 2030, bersama dengan CEO Meta Mark Zuckerberg.

Beberapa miliarder top diperkirakan tidak masuk 10 besar. Jeff Bezos, yang saat ini menjadi orang terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan US$200 miliar, menurut Bloomberg, berada di urutan ke-12, dan tidak akan menjadi triliuner hingga tahun 2036.

Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google, juga diperkirakan harus menunggu 12 tahun untuk menjadi triliuner meskipun kecerdasan buatan mungkin akan mempercepat kenaikan mereka.

Memang benar, para pengamat kekayaan telah memperkirakan akan menjadi triliuner pertama selama bertahun-tahun. Dan saham Tesla, Nvidia, dan LVMH mungkin tidak akan naik secepat lima tahun ke depan seperti lima tahun terakhir.

Namun lebih dari 100 tahun setelah miliarder pertama, triliuner pertama bisa saja dinobatkan pada dekade berikutnya.

Berikut 10 calon triliuner berdasarkan data dari informa connect academy

Ini Dia 10 Calon Triliuner Pertama Dunia, Ada Nama Prajogo Pangestu dari Indonesia


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler