Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Larry Ellison Rebut Posisi Orang Kedua Terkaya di Dunia, Kalahkan Jeff Bezos

Kalahkan Jeff Bezos, Larry Ellison jadi orang terkaya di dunia setelah Elon Musk
Bos Oracle Larry Ellison/ REUTERS/Robert Galbraith
Bos Oracle Larry Ellison/ REUTERS/Robert Galbraith

Bisnis.com, JAKARTA - Minggu terbaik Oracle di pasar saham sejak tahun 2021 telah meningkatkan kekayaan bersih pemiliknya Larry Ellison, dan membuatnya menempati orang terkaya di dunia mengalahkan pendiri Amazon Jeff Bezos.

Dilansir dari Forbes, kekayaan bersih Ellison naik sebesar $11 miliar tak lama setelah pembukaan pasar, melonjak dari US$197 miliar menjadi US$208,4 miliar di tengah lonjakan kekayaan bersih harian terbesar bagi miliarder mana pun pada hari Jumat.

Hal ini membuat Ellison melewati pendiri dan ketua Amazon Jeff Bezos (yang memiliki kekayaan US$206 miliar) untuk menjadi orang terkaya kedua di dunia, dan kekayaan Ellison kini hanya kalah dari CEO Tesla Musk (US$253 miliar).

Kenaikan kekayaan salah satu pendiri dan ketua Oracle, Ellison, terjadi ketika saham raksasa komputasi awan itu naik sebanyak 7,8% pada hari Jumat ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Bezos menyalip Ellison saat perdagangan hari Jumat berlangsung dan keuntungan saham Oracle berkurang menjadi sekitar 2%, dengan kekayaan bersih Ellison turun menjadi sekitar $202 miliar pada saat publikasi.

Itu berarti Ellison lebih kaya pada puncak kekayaannya di hari Jumat dibandingkan pada akhir minggu lalu, ketika kekayaannya mencapai US$172,7 miliar dan menempati posisi kelima dalam daftar miliarder Forbes, juga tertinggal dari salah satu pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan taipan barang mewah Eropa Bernard Arnault.

Kelanjutan sentimen baik dari laporan pendapatan Senin sore yang membuat saham naik 15% selama tiga sesi perdagangan sebelumnya, kenaikan terbaru ini mengikuti panduan keuangan optimis yang dibagikan dengan analis keuangan pada Kamis malam.

Perusahaan menetapkan target penjualan sebesar US$66 miliar pada tahun fiskal yang berakhir Mei 2026 dan target sebesar $104 miliar untuk tahun fiskal 2029, keduanya jauh di atas target analis sebelumnya dan rekor pendapatan sebesar US$53 miliar yang dibukukan pada tahun fiskal terakhirnya.

Selain laporan pendapatan yang kuat pada hari Senin dan panduan yang cerah pada hari Kamis, saham Oracle juga mendapat keuntungan dari pengumuman kemitraan dengan Amazon Web Services pada hari Senin, yang menyelesaikan kesepakatan “triple crown” setelah sebelumnya bekerja sama dengan Google dan Microsoft.

Ellison yang berusia 80 tahun memiliki sekitar 40% saham Oracle, yang merupakan sebagian besar kekayaan bersihnya.

Oracle, yang menjual berbagai perangkat lunak dan solusi cloud untuk bisnis, adalah perusahaan publik paling berharga ke-16 di AS, melampaui penilaian Costco dan MasterCard pada minggu ini.

Ellison, yang sebelumnya menjabat sebagai dewan direksi Tesla, adalah miliarder pemilik tanah terbesar di Hawaii, membeli sebagian besar pulau Lanai pada tahun 2020 dan mengambil tempat tinggal permanen di sana.

Dia juga merupakan salah satu donor paling produktif bagi Partai Republik dan akan menjadi pemegang saham pengendali di induk CBS, Paramount, setelah pengambilalihan perusahaan tersebut oleh putranya, Skydance Media, selesai.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper