Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Ubah Mind Set Anda

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kunci sukses menjadi entrepreneur adalah pikiran. Jika Anda ingin menjadi entrepreneur, tetapi cara berpikir Anda atau mind set Anda bukan seorang entrepreneur maka sulit untuk mewujudkan keinginan menjadi entrepreneur.

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kunci sukses menjadi entrepreneur adalah pikiran. Jika Anda ingin menjadi entrepreneur, tetapi cara berpikir Anda atau mind set Anda bukan seorang entrepreneur maka sulit untuk mewujudkan keinginan menjadi entrepreneur. Mind set Anda harus diubah.

Seperti dikatakan oleh Ciputra. Menjadi seorang entrepreneur harus memiliki mind set entrepreneur bukan dose. Alsannya, untuk merubah mind set menjadi budaya, sulit karena dosen sudah mempunyai mind set sendiri, maka Anda jangan jemu harus terus menerus merubah mind set Anda menjadi entrepreneurship.

Jangan jemu-jemu menularkan entrepreneurship, seperti yang telah dilakukan kami pada Universitas Prasetiya Mulya dan Universitas Tarumanagara, sampai akhirnya para pengelola & rektor Universitas Tarumanagara setuju untuk memasukkan entrepreneurship jadi subject dalam program S1 & S2 (MM).

Obama akan mengadakan summit tentang entrepreneurship. Grup Ciputra mengusulkan kepada pemerintah Indonesia agar summit itu diadakan di Indonesia. Usul kedua adalah kalau Amerika menjadi Centre of Entrepreneurship untuk negara maju, maka Indonesia akan ajdi Centre of Entrepreneurship bagi negara berkembang.

China adalah negara entrepreneurship dan tidak pernah dijajah, selalu bermental kreatif atau entrepreneurship. Produknya sejak 200 tahun yang lalu sudah menguasai Indonesia. Saran yang bisa saya berikan adalah kita dapat mulai melatih bangsa Indonesia untuk bisa bersaing dengan China. Mental bangsa kita perlu dijadikan mental entrepreneurship.

Ciptakan sarjana pencipta lapangan kerja dengan mengubah sistem Indonesia. Pemerintah juga harus berjiwa entrepreneurship, seperti Ali Sadikin (mantan Gubernur Jakarta). Pengajar harus bisa mengubah anak-anak menjadi entrepreneur. Entrepreneurship dapat mengubah bangsa menjadi lebih maju.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper