Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Pahami Risiko

Bisnis.com, JAKARTA - Jangan takut. Begitu pesan Pak Ciputra kepada para calon entrepreneur yang bertanya bagaimana kalau rugi. Pertanyaan itu bukan hanya logis. Banyak orang tidak ingin rugi dalam berusaha. Padahal, rugi kerap menjadi pemicu sukses

Bisnis.com, JAKARTA - Jangan takut. Begitu pesan Pak Ciputra kepada para calon entrepreneur yang bertanya bagaimana kalau rugi. Pertanyaan itu bukan hanya logis. Banyak orang tidak ingin rugi dalam berusaha. Padahal, rugi kerap menjadi pemicu sukses yang lebih besar lagi.

Namun, persoalan rugi, selalu menjadi momok bagi para calon entrepreneur bahkan pengusaha yang sudah sukses. Rugi terus menghantui mereka. Padahal ketakutan itu justru menjadi awal dari kejatuhan.

Namun, Anda tidak perlu takut. Ciputra pernah mengalami hal yang sama: Sering dihantui rasa takut. Apalagi, dia memiliki banyak perusahaan. Terbayangkan  tidak apa yang bakal terjadi jika semua perusahaan itu mengalami kerugian? Namun, rasa takut itu, bukan membuat Ciputra terus tenggelam dalam ketakutan itu.

Saat menajwab pertanyaan seorang ibu yang ingin menjadi entrepreneur, Ciputra mengungkapkan kiatnya.

Tiap hari saya [Ciputra] memikirikan, perasaan takut itu akan selalu ada. Saya membina 3 usaha: Jaya Group, Ciputra Group, Metropolitan Group. Saya memikirkan semuanya untuk mengatasi itu pada waktu kita sukses pada saat itu juga kita harus mempersiapkan diri utk rugi, saat Anda sukses maka ada saatnya ada berpikir bagaimana merugi karena entrepreneurship saat jatuh harus bangkit kembli. Sewalah penasehat keuangan agar tahu resiko-resiko yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper