Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kiat Sukses 5 Pengusaha Top-5

Bisnis.com, JAKARTA - Anda kerap menemui jalan buntu saat akan memulai usaha. Namun, banyak juga orang bertanya: Haruskah menjadi pengusaha harus banyak uang dulu atau koneksi atau dua-duanya. Berikut kiat sukses sejumlah pengusaha sukses: Jebrettt...

Bisnis.com, JAKARTA - Anda kerap menemui jalan buntu saat akan memulai usaha. Namun, banyak juga orang bertanya: Haruskah menjadi pengusaha harus banyak uang dulu atau koneksi atau dua-duanya. Berikut kiat sukses sejumlah pengusaha sukses: Jebrettt...

James Riyadi, bos Lippo: Sejak James aktif di Lippo, bisnis Lippo terus membengkak sampai 44 perusahaan, mulai dari perbankan, terus merambah ke bisnis keuangan lain, seperti asuransi, dan lembaga sekuritas. Sepuluh tahun terakhir, kelompok ini juga memasuki bisnis real estate dan lapangan golf.

Kelompok kami  lebih suka mengembangkan bisnisnya tanpa dana pinjaman dari luar negeri. Maka, utang luar negeri kami cuma US$ 80 juta,” katanya kepada Audrey Tangkudung. Ia kemudian menambahkan (sambil bercanda tentu), “Mungkin luar negeri tidak percaya kepada Lippo.”

Lippo, kata James selanjutnya, dalam menambah modal lebih suka menjual saham ke publik atau bekerja sama dengan perusahaan asing. Itulah sebabnya Lippo menggandeng Hyundai Group dari Korea. Menurut James, mengajak kerja bareng perusahaan asing memang susah-susah gampang. “Untung, Hyundai itu agresif, dan senang menanam modal di sini, maka cocoklah kami,” katanya. (Gatra)

 Raam Punj abi, pendiri  PT Indako Film, PT Panorama Film ( 1971-19760  bernama PT Aries Internasional ),  ia bekerja di sebuah perusahaan tekstil. Pada  1964 ia merintis sebuah usaha impor tekstil sampai pada akhirnya pada tahun 1969 di tinggalkannya.

Pada 1967,  mendirikan perusahaan importer Infortir Film, PT Indako Film dengan Modal Rp 30 juta. Tiga tahun kemudian ia mendirikan PT Panorama Film ( 1971-19760 yang bernama PT Aries Internasional Film memproduksi film “ Mama “ karya sutradara Wim Umboh.

Saat ini Raam Punjabi menjabat sebagai ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Festival di persatuan perusahaan film Indonesia ( PPFI ) . Ia di kenail bisa membaca selera pasar dan menjadi trend setter perfilman. Pada  an ketika kodisi perfilman Indonesia terpuruk , Raam malah sukses meluncurkan film komedi di jagat perfilman Indonesia dengan menampilkan bintang komedi Trio Warkop yaitu dono , kasino, indro. Malah saat itu film komedi menjadi trend dan banyak produser mengekor membuat film komedi.

Kesuksesan demi kesuksesan mendorong nya mendirikan rumah produksi PT Tripar Multivision Plus dengan modal rp 2250 juta pada tahun 1990. Rumah produksi ini juga memproduksi sinetron-sinetron yang di gemari masyarakat. Hingga tahun 2000-an tidak ada yang menyaingi Raam Punjabi dalam memproduksi film-film di Indonesia. (foto/opinitimor.com/whooila.com)

  Anindya Novyan Bakrie,  Direktur Utama PT Bakrie Telecom dan Komisaris Utama ANTV:

Singkatnya pelanggan yang bayar gaji kami dan pesaing yang membuat gaji kami lebih besar. Mereka bagian dari ekosistem perekonomian. Saya merasa pelanggan adalah segalanya. Kami harus memberikan mereka kepuasan dari waktu ke waktu supaya mereka senang dengan produk dan pelayanan kami. Pesaing juga penting karena mereka membuat kami lebih maju. Dalam skala yang lebih luas, kompetitor bisa menjadi bagian dari sukses kami untuk memperluas lahan. Contohnya, dulu ANTV dan TV One fokus pada general entertainment. Kemudian TV One baru diperbesar cakupanya menjadi news dan sports. Tanpa kompetitior kami tidak akan terpikir untuk memperluas lahan.

Kami bukan hanya mencapai market share tapi untuk membuat market share itu sendiri.

eritanya sedikit memanjang ke beberapa tahun yang lalu saat saya berusia 12-13 tahun. Dari kecil sudah suka usaha, ketika sekolah di luar negeri saya mulai berbisnis kaos sablon dan menghasilkan. Sebelumnya saya melakukan bisnis sampul buku. Bisnis yang saya tekuni lancar terus sampai suatu saat saya rugi karena mencoba bisnis yang belum saya mengerti. Saat itu saya jualan tiket konser band Level 42, saya terlalu agresif. Saya bayar dulu baru jual walhasil tidak laku.

Tabungan selama ini langsung habis. Ini pelajaran bahwa dalam membuat keputusan kita harus bertanggung jawab dan rugi itu tidak enak. Jadi, keputusan selalu saja ada yang tidak enak, yang penting lakukan yang terbaik setelah mendengar berbagai masukkan. Be responsible, kalau belum berhasil jangan cari alasan tapi justru cari jalan untuk bangkit dan gunakan ini sebagai bagian dari pengalaman. Biasanya investor selalu lebih memilih orang yang terbuka dengan keberhasilan dan kegagalan mereka. (Bisnis Indonesia)

Andrie Wongso, Pendiri  AW motivation training,  AW Publising, serta membuka beberapa outlet AW Success Shop: Bisnis itu harus dimulai dari kecintaan pada bidang bisnisnya.

Ketika ia memulai Virgin dari sebuah basement di London tak ada rencana atau strategi besar. Niatnya adalah membuat sesuatu di mana orang akan menyukainya.

Bagi saya membangun bisnis adalah mengerjakan sesuatu yang bisa dibanggakan, mengumpulkan orang-orang bertalenta, dan menciptakan sesuatu yang sama sekali beda.

Membangun bisnis saat ini sulit. Mungkin punya produk, layanan jasa, dan brand yang bagus. Namun tanpa ada pembeda dari yang lain, akan sulit berkembang. Karena itu perlu melakukan sesuatu yang sama sekali beda sehingga mudah dikenali. (andriewongso.com)

 

Bob Kamandanu, bos PT. Berau Coal: Sangat percaya pada The Power of Giving. Sebaik-baik manusia adalah yang paling memberi manfaat bagi orang lain. PT. Berau Coal yang beroperasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur,  ingin berkiprah lebih, mempromosikan Berau ke dunia Internasional. CSR dan Comdev, menjadi concern utamanya.

Seperti nama Kamandanu, yang bermakna ”kehidupan”,  ”Kamandanu”nya lebih bermakna lebih berguna, saat terlibat di industri pertambangan. Hal yang tak pernah diraakan saat bergelut pada bidang-bidang lain. ”Kalau saya bekerja dengan alam kalau saya greedy tidak akan lama. Ini kepercayaan sendiri, bukan hitungan matematis, ”kata pria yang terlihat muda dibandingkan umurnya tersebut. (mahalahtambang.com)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper