Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Untung Berlipat dari Suplemen Makanan

Lajang kelahiran, 6 Agustus 1990 yang datang dengan proposal bisnis berjudul Spirulina sebagai Suplemen Makanan ini, berhasil menyisihkan sekitar 1.500 peserta yang ikut dalam kompetisi kewirausahaan yang diselenggarakan Wismilak Groupn

Bisnis.com, JAKARTA- Senyum bangga terpancar jelas dari raut wajah Machmud Luthfi Huzain. Dengan penuh semangat, diangkatnya tinggi-tinggi trophy kemenangan, seolah ingin menunjukkan bahwa dia siap menerbangkan segala mimpi dan harapannya menjadi seorang entrepreneur sukses.

Keyakinannya ketika mempertahankan ide bisnis kreatif yang diselingi gaya khas jenakanya, telah mengambil hati para juri di malam puncak Grand Final Wismilak Diplomat Success Challenge 2013 di Ballroom salah satu hotel berbintang bilangan Sudirman, Kamis malam  (14/11/2013).

Lajang kelahiran, 6 Agustus 1990 yang datang dengan proposal bisnis berjudul Spirulina sebagai Suplemen Makanan ini, berhasil menyisihkan sekitar 1.500 peserta yang ikut dalam kompetisi kewirausahaan yang diselenggarakan Wismilak Group.

Ide bisnis yang disajikannya memang terbilang baru di Indonesia yakni mengolah microalgae spirulina menjadi suplemen makanan. Microalgae spirulina merupakan tumbuhan bersel satu yang hidup di air, berbentuk kumparan spiral, berpigmen hijau-biru, dan berkembang biak dengan membelah diri.

Sudah sejak dulu spirulina dikenal sebagai sumber nutrisi nabati terlengkap, karena mengandung sekitar 60% hingga 70% protein. Selain itu juga memiliki multivitamin lengkap, mineral, antioksidan tinggi dan bersenyawa aktif sehingga sangat baik dijadikan sebagai makanan fungsional yang bersifat alami.

Pangsa pasarnya pun sangat tinggi seiring dengan semakin besarnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup dan makanan sehat yang memiliki multivitamin tinggi. Sebagai bahan dasar, spirulina juga sangat dibutuhkan untuk produksi berbagai obat-obatan herbal.

“Dengan mencampurkan spirulina, makanan dan minuman akan memiliki nutrisi yang tinggi. Di luar negeri, microalgae spirulina ini digunakan sebagai konsumsi dan suplemen para astronot sehingga mereka tidak perlu membawa makanan lagi,” ujarnya.

Sayangnya, selama ini spirulina lebih banyak diimpor dari luar negeri terutama China. Di Indonesia, baru ada sekitar empat pelaku usaha sejenis, salah satunya Machmud yang membangun usaha di bawah bendera CV Neoalgae Technology.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini memang memiliki motivasi tinggi ketika mengikuti kompetisi tersebut. Sebab, dia  membutuhkan tambahan modal usaha sebesar Rp500 juta untuk memperluas lahan guna meningkatkan kapasitas produksi hingga 500 kg per bulan, yang saat ini hanya sekitar 30 kg per bulan.

“Permintaan sangat besar. Saat ini saja, sudah ada yang menunggu, dan bila saya memproduksi 780 kg per bulan sudah pasti akan terserap. Sekarang, saya hanya bisa menghasilkan 30 kg per bulan.

Setidaknya, untuk tahap awal saya membutuhkan Rp500 juta untuk membuka lahan dari 160 meter menjadi 3000 meter sehingga produksi bisa meningkat menjadi 500 kg. Dan ini bisa saya dapatkan dari kompetisi ini,” tuturnya penuh semangat.

Memulai usahanya sejak awal 2013, alumnus Universitas Diponegoro angkatan 2008 ini merogoh kocek sebesar Rp30 juta  untuk membuat kolam budidaya microalgae spirulina serta berbagai perlengkapan produksi.

Dua bulan usaha, Machmud sempat mengalami kegagalan. Namun, hal tersebut tidak menghambat langkahnya. Kecintaannya terhadap duniamicrobiology dan produk herbal membuatnya terus melakukan perbaikan dan inovasi sehingga tercipta formulasi yang tepat.

“Membudidayakan alga langsung di lapangan tidak semudah ketika di laboratorium, karena banyaknya kontaminasi alga lokal sehingga harus memahami sifat-sifatnya agar alga yang tidak diperlukan bisa mati.”

Anak pertama dari tiga bersaudara ini mengakui sejak duduk di bangku sekolah dia sudah berkecimpung dalam bisnis MLM obat-obatan herbal, dan mengetahui bahwa spirulina merupakan bahan utama produk tersebut.

Di sisi lain, ketika mengenyam pendidikan di Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Machmud pun sangat jatuh cinta dengan ilmumicroorganism. Dia rajin melakukan penelitian dan uji coba  selama kurun waktu 3 tahun sejak kuliah sehingga ditemukanlah formulasi yang tepat.

Produknya pun kini telah mendapatkan certificate of analyze, izin depkes, dan sertifikasi halal sehingga lebih memudahkannya untuk memasarkan kepada para pelaku usaha di Indonesia. Karena sudah lama berkecimpung dalam MLM obat-obatan herbal, dia pun mencoba memasarkannya kepada para pelaku UKM yang memproduksi herbal.

“Produk saya punya kelebihan sertifikat halal dari pada yang diimpor sehingga ini menjadi kelebihan. Saya juga rajin memberikan edukasi dan penjelasan kepada masyarakat,” ujar pria kelahiran Sukoharjo.

Dengan kapasitas yang masih sekitar 30 kg per bulan, saat ini Machmud baru bisa memenuhi kebutuhan dua pelanggan. Dia menjual dalam bentuk kemasan 1 kg seharga Rp500.000 per kg, harga tersebut memang lebih mahal dari produk buatan China Rp300.000.

Namun, dengan komposisi 100% alami, dan bersertifikat halal, produknya pun mulai dilirik pasar. Apalagi, bila dibandingkan dengan produk buata Amerika yang dibanderol sekitar 60 euro dan 75 euro per kg, dia melihat produk ini potensial untuk diekspor. Apalagi di Indonesia yang beriklim tropis, pembudidayaan spirulina bisa dilakukan sepanjang tahun.

“Bisnis ini sangat potensial dan menguntungkan. Setidaknya, dengan omzet Rp15 juta, saya bisa dapat keuntungan 75%. Jika kapasitas produksi lebih besar, keuntungannya pun bisa lebih tinggi lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Mansur peserta asal Jakarta yang menjadi runner up dengan proposal dengan judul Peningkatan Kandungan Lokal pada Industri Alat Berat ini memiliki cerita berbeda. Machmud yang masih bekerja di perusahaan Jepang yang memproduksi alat-alat berat ini sebagai manufacturing engineering staff ini, memiliki ide mendirikan perusahaan manufaktur yang menggunakan sumber daya dalam negeri.

Ide ini muncul ketika dia melakukan analisas struktur biaya pembuatan salah satu model unit excavator. “Betapa terkejutnya saya karena 70% dari total biaya yang dibutuhkan adalah untuk membeli komponen impor, sedangkan komponen lokal hanya 26% selebihnya biaya produksi.”

Untuk mengembangkan ide bisnisnya, dia akan menggandeng pihak ketiga dengan memanfaatkan kapasitas produksi. Setidaknya untuk tahap awal, akan diproduksi 10 item yang dinilai memiliki profit margin tinggi.

“Industri manufaktur butuh modal yang tidak sedikit, mesin mahal, dan resiko besar, sehingga harus berhati-hati, dan untuk awal-awal perlu menggandeng pihak ketiga. Karena saya sudah lama di industri manufaktur, jadi saya sudah tahu pasarnya.’

Selain Mansur, juara runner up juga disabet oleh Priyandaru Agung Eko Trapsilo, challenger asal Malang yang menawarkan ide bisnis berjudul Pelet Aquative. Daru mencoba memanfaatkan limbah pasar untuk membuat pakan ikan berkualitas dengan nilai gizi yang bersaing dengan pangan komersil.

Melalui produk tersebut, para petani ikan dapat menekan biaya produksi hingga 60% sehingga biaya pakan ternak tidak lagi memberatkan para petani ikan. Kedua runner up tersebut berhak mendapatkan modal usaha masing-masing senilai Rp200 juta.

Pada penyelenggaran DSC 2013 ini, selain tiga juara, tiga grand finalis lainnya juga akan mendapatkan modal usaha masing-masing Rp20 juta. Ketiganya antara lain, Roni Aulia Hasibuan dari Padang dengan judul proposal Peningkatan Nilai Tambah Gambier Hitam sebagai Komoditas Ekspor.

Reny Sukmasari, asal Jogja yang menghadirkan proposal berjudul Coklat Joyo, Oleh-oleh dari Jogja; dan seorang TKW yang bekerja di Singapura yakni Diah Lestari dengan proposal berjudul Savour French Crepes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper