Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KISAH SUKSES (2): Berkat Suntikan Modal, Kini Mampu Produksi 4.000 Per Bulan

Bisnis.com, JAKARTA - 

Seiring berjalannya waktu, produk sprei, sarung bantal, dan selimut menjadi salah satu kebutuhan utama. Selain mencari bahan berkualitas, banyak konsumen gemar mengoleksi aneka motif dan warna ketiga produk tersebut sesuai suasana hati (mood).

Fidaus melihat hal ini sebagai peluang bisnis nan menggiurkan. Sayangnya, dia belum bisa memanfaatkan situasi tersebut karena terbatasnya kapasitas produksi. “Dulu, kami memutar modal dari uang hasil penjualan. Kami hanya mampu berbelaja sekitar Rp10 juta per minggu. Oleh karena itu, kami terpaksa menolak ketika ada pesanan dalam jumlah besar,” tuturnya.

Melihat hal ini, dia dan keluarganya berpikir cara untuk memperluas bisnis. Mereka pun mencari-cari sumber modal lain. Gayung bersambut. Sekitar 5 tahun lalu, Ali Munar dan Firdaus bertemu dengan Bank BRI. Mereka memilih menggunakan dana dari Bank BRI lantaran bunganya kompetitif dan birokrasi yang mudah.

Setelah menyelesaikan semua persyaratan, Ali Munar dan Firdaus mendapat pinjaman sebesar Rp2 Milyar. Tanpa pikir panjang, mereka langsung mengalokasikan dana untuk ekspansi bisnis, salah satunya membeli barang modal dalam jumlah besar.

“Dengan modal dari Bank BRI, kami mampu memesan bahan langsung ke pabrik. Bukan hanya mendapat bahan dalam jumlah banyak, kami juga bisa memilih jenis kain, mendesain motif sendiri, dan menyematkan merk Ge-Er di permukaan kain,” ujarnya.

Berkat pinjaman tersebut, bisnis sprei, bantal, dan bed cover besutan Ali Munar semakin membesar. Peningkatan ini terlihat dengan pertambahan kapasitas produksi secara signifikan. Jika biasanya, Ali Munar dan Firdaus hanya mampu  memproduksi 200—300 produk, kini mereka sukses menghasilkan 3000—4000 barang yang terdiri dari sprei, bantal, dan bed cover.

“Omzet dulu hanya mencapai Rp10 juta—Rp15 juta. Kini, kami bisa meraih Rp90 juta—Rp100 juta per hari,” katanya.

Seiring dengan meningkatnya kapasitas produksi, Firdaus kini mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Dari hanya sebuah toko di pasar Cipulir, kini dia telah membuka 4 toko lain di tempat yang sama. Firdaus mengaku toko milik keluarganya selalu ramai dikunjungi konsumen yang berasal dari jabodetabek setiap hari.

Selain fasilitas permodalan, Ali Munar dan Firdaus juga mendapat berbagai fasilitas tambahan dari Bank BRI. Salah satunya adalah di bidang promosi. Dengan menjadi mitra Bank BRI, menurut Firdaus, dia bisa memperluas jaringan konsumen dan relasi.

“Bank BRI memberikan kami kesempatan untuk berpameran di berbagai tempat di Indonesia. Bukan itu saja, kami diberi booth dan fasilitas lainnya tanpa biaya alias gratis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler