Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Green Business Tak Hanya Mengejar Profit

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Dr. Alexander Sonny Keraf menyebutkan green business atau bisnis yang berorientasi lingkungan tidak semata mata menjadikan raihan profit atau keuntungan sebagai target utama.
Green Business  tidak hanya menjadikan raihan keuntungan sebagai target utama/ilustrasi-creativemotiondesign.com
Green Business tidak hanya menjadikan raihan keuntungan sebagai target utama/ilustrasi-creativemotiondesign.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan Menteri Lingkungan Hidup Dr. Alexander Sonny Keraf menyebutkan green business atau bisnis yang berorientasi lingkungan tidak semata mata menjadikan raihan profit atau keuntungan sebagai target utama.

"Raihan profit hanya konsekuensi logis," ujar Sonny sembari menyebutkan ada patokan dasar yang ditimbang dalam green business yakni keberlangsungan ekonomi, keberlangsungan ekologis, dan terpeliharanya kondisi sosio kultural.

Terkait green business, Sonny menyebutkan industri sawit tidak termasuk dalam bisnis berwawasan lingkungan.

Ia menyebut soal pertanian monokultur dan pola pembersihan lahan dengan cara membakar menjadi alasan perkebunan sawit tak bisa digolongkan bisnis ramah lingkungan.

Demikian dikatakan Sonny saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Pengembangan Green Business dan Green Technology yang berkelanjutan, Sabtu (21/11/2015) pagi di Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo Ph.D saat membuka Seminar Nasional ini  mengatakan, kondisi alam berada dalam kondisi memprihatinkan.

Alam, lanjut Hapsoro, dieksploitasi untuk didapatkan profitnya sembari lupa memelihara untuk tercapainya benefit alam bagi seluruh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler