Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Cara Menghemat Uang Saat Mencari Kerja

Saat sedang mencari kerja, maka Anda harus lebih disiplin dalam mengatur keuangan untuk tetap bertahan hidup.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mencari kerja di ibu kota bukan perkara mudah. Jarak yang jauh, ongkos yang besar, belum lagi pengeluaran selama pencarian kerja menjadi tantangan.

Menghemat uang sepertinya menjadi kewajiban dalam tahap ini. Berikut 7 cara terbaik menghemat uang selama mencari kerja:

1. Terorganisir

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang selama pencarian kerja adalah dengan menghemat waktu dengan cara teratur. Atur waktu kapan saja anda keluar untuk mencari pekerjaan.

2. Pinjam pakaian teman atau keluarga untuk wawancara

Pakaian menjadi faktor penting penilaian saat wawancara pekerjaan. Namun jika anda tidak memiliki pakaian yang pas, anda bisa meminjamnya tanpa harus membeli yang baru.

3. Hindari membayar biaya perjalanan untuk wawancara di luar kota

Salah satu pengeluaran terbesar untuk wawancara kerja di luar kota adalah perjalanan dan akomodasi. Tetapi anda mungkin tidak perlu membayar seluruh biaya itu. Beberapa perusahaan akan membayar biaya perjalanan dan akomodasi.

Namun anda perlu  bertanya terlebih dahulu apakah perusahaan akan membayarkannya. Jika tidak, anda bisa bertanya kembali apakah wawancara bisa dilakukan melalui video atau telepon.

4. Coba situs pencarian pekerjaan gratis saat ini banyak situs pencarian kerja gratis di internet. Anda bisa memanfaatkannya dan tinggal menunggu panggilan kerja, tentunta setelah menaruh resume terbaik di situs tersebut.

5. Tingkatkan kemampuan secara gratis

Jika anda sedang mencari pekerjaan untuk sementara waktu dan tidak beruntung, mungkin sudah saatnya menambahkan beberapa keterampilan baru. Tidak perlu kuliah lagi, anda bisa mengikuti kelas online gratis tentang program pelatihan, magang, atau sertifikasi.

6. Jangkau Sekolah

Anda bisa memanfaatkan jejaring sekolah untuk mencari pekerjaan. Pusat layanan karir di univeristas sering menyediakan jaringan sumber daya gratis, bantuan resume wawancara, dan layanan penilaian karir untuk alumni, bahkan jika mereka bukan lulusan baru.

7. Hemat Uang pakai teknologi

Hemat uang anda pada layanan ponsel  dengan menggunakan paket prabayar dan layanan bundling. Anda bisa memanfaatkan bundling internet dan tv cabel selama pencarian kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper