Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Sukses Berbisnis? Mulai Dari Sini

Alasan memulai bisnis itu yang membuat seseorang kuat bertahan dan terus semangat mengembangkan usahanya meski banyak tantangan yang dihadapi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  15:50 WIB
Untuk memulai bisnis, seseorang harus mempersiapkan mental yang  kuat dalam menghadapi tantangan. - leadershipalive.com
Untuk memulai bisnis, seseorang harus mempersiapkan mental yang kuat dalam menghadapi tantangan. - leadershipalive.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saat akan memulai usaha, tidak sedikit orang yang bingung harus memulai dari mana. Biasanya mereka fokus pada produk apa yang akan dijual serta bagaimana menjualnya sehingga bisa menghasilkan uang.

Padahal, untuk sukses berbisnis, tidak cukup dimulai dari apa dan bagaimana, tetapi kenapa atau alasan terbesar apa yang mendorong kita untuk memulai usaha. Biasanya hal tersebut muncul dari masalah yang ingin diselesaikan.

Demikian disampaikan oleh Gibran Huzaifah, Founder dan CEO eFishery saat mengisi webinar Seminar Entrepreneurship USU, Rabu (15/7/2020).

Menurut Gibran, saat pertama kali memulai usahanya, dia berangkat dari permasalahan yang dihadapi saat dirinya sedang mengembangkan bisnis budidaya ikan lele. Ketika itu, Gibran terkendala persoalan mahalnya biaya pakan ikan yang menghabiskan tiga perempat dari total biaya operasional.

Ternyata persoalan tersebut tak hanya menjadi persoalannya saja, tetapi juga setiap petani yang menjalankan bisnis akuakultur.

Dari situ lantas pria lulusan ITB ini mencoba mencari solusi terhadap persoalan tersebut dengan mengembangkan perangkat yang diberi nama eFishery sebagai solusi cerdas budidaya ikan dan udang. Melalui perangkat cerdas tersebut, proses pemberian pakan ikan bisa dilakukan secara otomatis melalui mesin sehingga jumlah pakan yang diberikan dapat disesuaikan.

“Ide bisnis muncul dari mana saja. Saya sendiri memulai bisnis karena ada masalah yang dihadapi dan muncul setelah ngobrol dengan pembudidaya ikan lainnya. Saat itu saya melihat ada peluang karena semua orang punya masalah yang sama. Lalu saya berpikir, kenapa saya mau kembangkan usaha ini? Kenapa saya harus kembangkan teknologi ini? Karena ada masalah yang mau saya selesaikan untuk membantu pembudidaya lainnya,” tuturnya.

Menurutnya, semua orang yang sukses dan founder yang besar, memulai bisnisnya dari why. Karena alasan memulai bisnis itu yang membuat seseorang kuat bertahan dan terus semangat mengembangkan usahanya meski banyak tantangan yang dihadapi.

“Mulai bisnis dari why ini sangat penting sehingga apapun ‘what’ nya dan ‘how’ nya tetap bisa dijalankan dan bisnisnya dapat kian berkembang. Seperti halnya eFishery yang awalnya hanya aplikasi kii berkembang menjadi marketplace,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha tips bisnis ikan lele
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top