Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Sukses Berbisnis? Mulai Dari Sini

Alasan memulai bisnis itu yang membuat seseorang kuat bertahan dan terus semangat mengembangkan usahanya meski banyak tantangan yang dihadapi.
Untuk memulai bisnis, seseorang harus mempersiapkan mental yang  kuat dalam menghadapi tantangan./leadershipalive.com
Untuk memulai bisnis, seseorang harus mempersiapkan mental yang kuat dalam menghadapi tantangan./leadershipalive.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saat akan memulai usaha, tidak sedikit orang yang bingung harus memulai dari mana. Biasanya mereka fokus pada produk apa yang akan dijual serta bagaimana menjualnya sehingga bisa menghasilkan uang.

Padahal, untuk sukses berbisnis, tidak cukup dimulai dari apa dan bagaimana, tetapi kenapa atau alasan terbesar apa yang mendorong kita untuk memulai usaha. Biasanya hal tersebut muncul dari masalah yang ingin diselesaikan.

Demikian disampaikan oleh Gibran Huzaifah, Founder dan CEO eFishery saat mengisi webinar Seminar Entrepreneurship USU, Rabu (15/7/2020).

Menurut Gibran, saat pertama kali memulai usahanya, dia berangkat dari permasalahan yang dihadapi saat dirinya sedang mengembangkan bisnis budidaya ikan lele. Ketika itu, Gibran terkendala persoalan mahalnya biaya pakan ikan yang menghabiskan tiga perempat dari total biaya operasional.

Ternyata persoalan tersebut tak hanya menjadi persoalannya saja, tetapi juga setiap petani yang menjalankan bisnis akuakultur.

Dari situ lantas pria lulusan ITB ini mencoba mencari solusi terhadap persoalan tersebut dengan mengembangkan perangkat yang diberi nama eFishery sebagai solusi cerdas budidaya ikan dan udang. Melalui perangkat cerdas tersebut, proses pemberian pakan ikan bisa dilakukan secara otomatis melalui mesin sehingga jumlah pakan yang diberikan dapat disesuaikan.

“Ide bisnis muncul dari mana saja. Saya sendiri memulai bisnis karena ada masalah yang dihadapi dan muncul setelah ngobrol dengan pembudidaya ikan lainnya. Saat itu saya melihat ada peluang karena semua orang punya masalah yang sama. Lalu saya berpikir, kenapa saya mau kembangkan usaha ini? Kenapa saya harus kembangkan teknologi ini? Karena ada masalah yang mau saya selesaikan untuk membantu pembudidaya lainnya,” tuturnya.

Menurutnya, semua orang yang sukses dan founder yang besar, memulai bisnisnya dari why. Karena alasan memulai bisnis itu yang membuat seseorang kuat bertahan dan terus semangat mengembangkan usahanya meski banyak tantangan yang dihadapi.

“Mulai bisnis dari why ini sangat penting sehingga apapun ‘what’ nya dan ‘how’ nya tetap bisa dijalankan dan bisnisnya dapat kian berkembang. Seperti halnya eFishery yang awalnya hanya aplikasi kii berkembang menjadi marketplace,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper