Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Menghasilkan Uang Saat Krisis

Selama pandemi virus corona, setiap orang harus meningkatkan kreativitas untuk mencari pemasukkan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  11:15 WIB
Ilustrasi media sosial - Reuters/Beawiharta
Ilustrasi media sosial - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- Di saat-saat penuh ketidakpastian seperti saat ini bisa jadi situasi yang menakutkan bagi pengusaha dan pekerja lepas yang kehilangan peluang bisnis, serta pekerja yang kehilangan pekerjaan atau memiliki jam kerja yang dipotong.

Namun, masih ada cara untuk menghasilkan uang selama krisis, bahkan dengan masalah kesehatan dan ekonomi yang signifikan seperti sekarang.

Pengusaha masih dapat menghasilkan uang di tengah kondisi ini. Peluangnya mungkin dalam industri yang berbeda dari yang biasanya Anda kerjakan, tetapi banyak bisnis masih membutuhkan keterampilan Anda.

Menurut Entrepreneur, ada beberapa ide untuk mendapatkan uang dengan aman dari rumah termasuk:

1. Produksi Konten Berbayar.

Dengan begitu banyak waktu yang tersedia untuk bekerja dari rumah, Anda mungkin akan lebih sering melihat kegiatan produksi konten melalui berbagai platform seperti podcast, video, kursus daring, dan lain lain.

Beberapa pembuat konten (content creator) memiliki peluang untuk memonetisasi konten mereka melalui iklan, apalagi jika Anda memiliki jumlah pengikut di media sosial yang cukup besar sebagai target audiens.

Atau Anda juga bisa menjual konten secara langsung melalui paywall.

2. Monetisasi Ilmu dan Pengetahuan.

Anda mungkin memiliki keterampilan dan pengalaman untuk mengajar di situs yang ditujukan untuk siswa muda, atau Anda mungkin memiliki pengetahuan bisnis yang dapat Anda ajarkan kepada profesional lain.

Anda dapat menghasilkan uang dengan membuat kursus daring atau Anda dapat mencoba untuk mendapatkan bayaran langsung dengan bekerja paruh waktu untuk platform pembelajaran online.

Jika Anda memiliki ide untuk kursus Anda sendiri, lihat apakah sudah ada di platform seperti LinkedIn Learning. Jika tidak, Anda dapat memiliki peluang bagus untuk membuat sesuatu yang unik yang mungkin bersedia dibayar oleh orang lain.

3. Cari Pekerjaan Lepas.

Mengambil peluang pekerjaan lepas bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat Anda bangki secara finansial.

Baik Anda seorang kreatif, pembuat kode, asisten administrasi, atau banyak keahlian dan pekerjaan lain yang dapat dilakukan secara online, ada peluang bagus Anda masih dapat menemukan peluang pekerjaan lepas.

Banyak bisnis masih beroperasi dengan kecepatan penuh, seperti di sektor teknologi dan beberapa merek makanan dengan penjualan yang kuat berkat permintaan tinggi di pasar.

4. Aktif di Media Sosial.

Meskipun lebih aktif di media sosial tidak serta-merta mengarah langsung pada peluang pendapatan, Anda dapat mulai membuat koneksi berkualitas dan menanam benih yang dapat tumbuh menjadi cara untuk menghasilkan uang.

Misalnya, Anda dapat mengumpulkan ide untuk bisnis melalui media sosial, menemukan klien baru, mencari mitra yang membantu Anda mengembangkan bisnis Anda, dll.

Ini juga merupakan peluang bagi gelombang pemikiran baru para pemimpin untuk muncul, dan sementara hanya sedikit yang akan berhasil, sekarang bisa menjadi waktu yang tepat untuk membangun merek pribadi Anda sehingga Anda dapat memperoleh pengikut.

Memiliki audiensi kemudian dapat mengarah pada peluang monetisasi seperti melalui tautan afiliasi di situs web Anda, penayangan video di YouTube, sponsor podcasting melalui Anchor dan tampilan artikel di Medium.

Meskipun krisis ini telah memengaruhi sebagian besar dari kita, penting untuk mencoba tetap positif dan mencari peluang jika memungkinkan.

Anda mungkin harus bekerja lebih keras dan menjadi kreatif, tetapi dengan ketekunan dan kualitas pekerjaan, Anda dapat menemukan cara untuk menghasilkan uang dalam krisis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha krisis tips bisnis Virus Corona pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top