Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Strategi Jadi Pengusaha Sukses Dari The Kardashian

Memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan adalah cara yang bagus meningkatkan penjualan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 01 September 2020  |  12:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Anda boleh benci atau menggemari mereka, keluarga terkenal asal Amerika Serikat, yang dikenal sebagai keluarga Kardashian, dapat mengajari kita satu atau dua hal tentang wirausaha.

Keluarga ini telah menghiasi televisi Amerika sejak 2007 dan menghasilkan ratusan juta dolar melalui iklan, lini fesyen, perusahaan kecantikan dan banyak lagi. Meski menghadapi banyak rintangan di sepanjang jalan, sepertinya tidak ada yang bisa menghentikan mereka.

Namun, apa yang membuat mereka begitu sukses, dan bagaimana kita bisa mengikuti cara keluarga Kardashian - atau setidaknya mencobanya?

Berikut adalah tujuh strategi, yang terinspirasi oleh masing-masing anggota keluarga Kardashian, yang dapat Anda terapkan ke dalam bisnis dan kehidupan Anda, seperti dikutip melalui Entrepreneur:

1. Tentukan brand Anda.

"Mompreneur" Kris Jenner tidak diragukan lagi adalah dalang di balik kesuksesan awal keluarga Kardashian. Salah satu alasan dia menjadi manajer yang efektif adalah karena dia dapat dengan jelas mengomunikasikan tentang masing-masing brand anak-anaknya - persamaan dan perbedaan mereka.

Saat meluncurkan bisnis, Anda harus dapat dengan jelas mendefinisikan tujuan Anda, tahu apa yang Anda perjuangkan dan membedakan diri Anda dari orang lain. Memiliki seperangkat pedoman brand sangat penting bagi perusahaan, juru bicara, atau tokoh mana pun. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda perjuangkan, bagaimana dengan orang lain?

2. Manfaatkan media sosial untuk keuntungan Anda.

Bersosialisasi di media sosial adalah seni tersendiri, dan keluarga Kardashian telah menyempurnakannya, menggunakan saluran seperti Twitter dan Instagram untuk berkomunikasi dengan penggemar mereka.

Memiliki pengikut yang berdedikasi pada platform pilihan Anda adalah sesuatu yang dapat menentukan keberhasilan pemasaran. Apakah Anda ingin meluncurkan produk baru, layanan atau bahkan melakukan R&D pelanggan, Anda perlu menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan audiens media sosial Anda.

3. Ambil risiko yang diperhitungkan dan lakukan diversifikasi.

Terlalu sering pemilik bisnis terjebak dalam rutinitas mengikuti proses yang sama, menawarkan produk yang sama dan tidak pernah melihat cara mereka melakukan pivot pada bisnis mereka. Kourtney Kardashian adalah contoh yang bagus dari seorang anggota keluarga yang tahu tentang pentingnya diversifikasi.

Misalnya, selain perannya di Keeping Up With the Kardashians, dia memiliki situs kesehatan dan gaya hidup, Poosh, yang juga berfungsi sebagai toko online, belum lagi rangkaian butik dan spin-off serial realiti TV miliknya. Memiliki diversifikasi bisnis dapat memberikan keuntungan yang besar.

4. Mampu menemukan kembali jati diri Anda.

Tantangan soal berat badan dan hubungan asmara Khloe Kardashian dipertontonkan di depan banyak orang. Melalui itu semua, dia harus menemukan kembali dirinya dan mengandalkan ketahanan batinnya.

Pengusaha seharusnya tidak berbeda. Memiliki kemampuan untuk bangkit, membersihkan diri, mengesampingkan ego Anda dan mencari tahu apa yang berhasil dalam bisnis Anda - dan apa yang tidak - adalah sesuatu yang dibutuhkan setiap pemilik bisnis.

5. Temukan ceruk Anda sendiri.

Dibandingkan dengan saudara perempuannya, perjalanan Rob Kardashian menuju kewirausahaan seringkali terhadang hambatan. Meskipun dia sempat bergumul dengan masalah kesehatan dan hubungan asmara, kini dia menjalani sebagian besar hidupnya jauh dari perhatian kamera dan telah menemukan kesuksesan dengan perusahaan kaus kakinya "Arthur George".

Berfokus pada ceruk sering kali lebih menguntungkan daripada mencoba menjadi sesuatu untuk semua orang. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan Anda, dari apa yang mereka baca hingga tempat mereka berbelanja, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan fokus pada target pasar Anda.

6. Berkolaborasi dengan perusahaan yang bermotivasi sama.

Pernah bertanya-tanya bagaimana Kylie Jenner berubah dari adik yang sering terlupakan, menjadi anggota keluarga yang paling sukses? Dia memulai dari yang kecil dengan kolaborasi pakaian dan memantapkan dirinya di industri kecantikan dan tata rias sebelum meluncurkan lini produk pertamanya, Kylie Lip Kit.

Perusahaan itu berevolusi menjadi Kylie Cosmetics, dimana raksasa kosmetik Coty membeli 51 persen saham seharga US$600 juta pada 2019.

Melakukan usaha patungan dengan orang lain adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan pengikut perusahaan lain, memasarkan ke konsumen baru, dan pada akhirnya membantu Anda meningkatkan brand, profil, dan penjualan. Sekarang, Kylie sibuk berkolaborasi dengan saudara-saudaranya pada lini edisi terbatas untuk Kylie Cosmetics.

 7. Gunakan kekuatan publisitas

Keluarga Kardashian telah dikaitkan dengan kontroversi, tetapi mereka berhasil menggunakan liputan media untuk keuntungan mereka. Bagaimanapun, Kylie berhasil membuat Kylie Cosmetics dikenal dari rumor tentang suntik filler pada bibirnya.

Memiliki rencana PR strategis tidak ternilai harganya bagi pengusaha mana pun. Tidak diragukan lagi keluarga Kardashian memiliki mesin PR yang luar biasa di belakang mereka, dan setiap pengusaha juga harus melakukannya.

Ketujuh strategi di atas dapat membantu menempatkan Anda di jalan menuju kesuksesan - dan bahkan dapat membantu Anda mendapatkan reality show juga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha pengusaha tip bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top