Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Membangun Brand Melalui Komunikasi Virtual

Cara yang bagus untuk membangun komunikasi adalah menjadi pembicara di acara besar dengan banyak pengikut.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 25 November 2020  |  14:49 WIB
Membangun brand perusahaan.
Membangun brand perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid yang terjadi saat ini telah membatasi pertemuan secara langsung sehingga konferensi dan presentasi yang langsung berhadapan dengan konsumen untuk membangun brand, juga akan terhambat.

Namun, ada banyak peluang virtual yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk membangun brand. Berikut 5 cara yang dapat dilakukan melalui kemampuan berkomunikasi untuk membangun brand seperti yang disampaikan 5 pengusaha muda, seperti dikutip dari Forbes, Rabu (25/11/2020).

1. Manfaatkan kontak yang Anda miliki

Manfaatkan kontak yang Anda miliki, tidak peduli seberapa kecil Anda menganggapnya. Ketika orang mempromosikan diri mereka sebagai pembicara atau kontributor, mereka sering meremehkan diri mereka sendiri dan juga meremehkan pangsa pasar. Ada banyak organisasi dan situs di luar sana, tetapi banyak yang hanya memikirkan para pemain besar.

“Ada banyak peluang di tingkat menengah publikasi dan organisasi. Bangun jalan Anda. Bicaralah di almamater Anda atau organisasi terkait industri lokal, atau jadilah tamu di podcast yang akan datang. Ini benar-benar tentang konsistensi dan mendapatkan perwakilan — begitu Anda mulai berbicara, Anda akan menemukan lebih banyak peluang akan muncul,” ujar Jason Khoo, Founder Zupo.

2. Gunakan platform yang tepat

Brittany Hodak, pembicara utama bisnis menyarankan cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pertunjukan seminar motivasi adalah dengan menjadi luar biasa. Dia sendiri memanfaatkan SpeakerFlow Intel Engine sebagai platform dalam membuat konferensi atau acara perusahaan dan lain-lain.

“Saya mulai berbicara untuk alasan pengembangan bisnis ketika saya menjalankan perusahaan pertama saya, dan saya mulai mendapatkan begitu banyak permintaan untuk berbicara sehingga saya meninggalkan perusahaan saya untuk berbicara penuh waktu. Sekarang, 85 pers bisnis saya berasal dari referensi atau pertanyaan masuk,” ujarnya

3. Manfaatkan saluran media sosial

Saluran LinkedIn adalah tempat yang luar biasa untuk menemukan acara yang akan ditawarkan. Matthew Capala, Founder Alfametik mengaku telah meraih banyak kesuksesan sebagai pembicara, dan keterlibatan semakin besar dengan memanfaatkan saluran linkedin.

Hal lain yang membantu saya terus bertumbuh adalah saya menulis buku-buku yang menemani saya di atas panggung dan di luar untuk ditandatangani. “Hal ini menambah kredibilitas Anda di atas panggung dan menawarkan cara lain untuk terhubung dengan audiens Anda setelah pembicaraan — dan menghasilkan lebih banyak bisnis,” tuturnya.

4. Buat konten menarik

James Behmke, Behmke Innovation Group LLC menyarankan kepada para pengusaha yang ini=gin mengebangkan brandnya dengan membuat konten yang benar-benar menarik dan ingin diketahui oleh masyarakat.

“Pembicara terbaik adalah mereka yang digunakan berulang kali karena orang ingin mendengar apa yang mereka katakan. Anda dapat memberikan beberapa informasi unik dan bermanfaat untuk merek Anda,” ujarnya.

5. Bangun pengikut online Anda.

Cara yang bagus untuk menunjukkan alasan Anda menjadi pembicara di acara besar adalah dengan memiliki banyak pengikut. Anda dapat melakukan ini dengan secara konsisten membuat posting blog, video YouTube, dan materi podcast untuk audiens Anda.

Basis pengikut Anda akan bertindak sebagai bukti bahwa Anda adalah pemimpin dan dapat memberi pengaruh. Jadi mulailah dengan membangun reputasi Anda secara online melalui media sosial dan blog. “Tingkatkan pengikut Anda dan Anda akan melihat respons positif dari grup acara,” ujar Blair Williams, MemberPress.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand komunikasi tips bisnis seminar virtual
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top