Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Modal Terbatas? Anda Bisa Mulai Usaha dengan 3 Model Bisnis Ini

Banyak orang-orang yang selalu bisnis, apa saja bisnis yang bisa dijalan dengan modal terbatas dan strategi yang tepat untuk memulai bisnis.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 30 November 2020  |  16:17 WIB
Jenis peluang bisnis
Jenis peluang bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Sepertinya belum lama ini, Eric Ries menerbitkan buku berjudul "The Lean Startup" yang menggemparkan dunia kewirausahaan dengan memberikan harapan untuk banyak orang.

Buku ini menunjukkan kepada orang-orang, khususnya mereka dengan minat kewirausahaan di seluruh dunia bahwa untuk memulai bisnis sangat mungkin, apapun situasinya.

Sudah hampir satu dekade sejak "The Lean Startup" dirilis tetapi harapan yang ditanamkan dan pelajaran yang diajarkannya masih ada hingga sekarang.

Ribuan orang menanyakan pertanyaan ini setiap hari: Bisnis apa yang terbaik untuk dimulai dengan modal terbatas?

Austin Lawson yang juga dikenal sebagai The Combat Entrepreneur, karena membangun bisnis dari zona pertempuran, membagikan apa yang menurutnya harus menjadi tiga pilihan teratas Anda jika Ada mencoba memulai bisnis dengan sedikit modal.

Berikut adalah tiga bisnis terbaik untuk memulai dengan modal terbatas, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (30/11/2020).

Catatan: Semua masukan di bawah ini adalah bisnis berbasis layanan. Biasanya memiliki biaya operasional terendah, menjadikannya kandidat yang sempurna untuk orang-orang dengan modal awal yang kecil. Masing-masing bisnis ini kemungkinan besar mengharuskan Anda untuk menantang diri sendiri dan mempelajari keterampilan baru. Itu sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Selamat datang di dunia kewirausahaan.

1. Jasa perpajakan, akuntansi dan / atau pembukuan membutuhkan modal kecil

Kami yakin Anda telah melihat saran ini ratusan kali.

Ada alasannya, tidak hanya memiliki biaya operasional yang rendah seperti yang disebutkan di atas, tetapi model bisnis ini juga memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi dari rata-rata dan basis pelanggan yang sangat besar.

Bisnis ini memang membutuhkan pelatihan, tetapi Anda tidak harus memiliki gelar pendidikan tinggi.

2. Desain web, desain grafis dan / atau Search Engine Optimization

Ini adalah bisnis lain yang memiliki basis pelanggan yang besar dan margin keuntungan yang bagus. Untuk memulai Anda akan membutuhkan beberapa pelatihan, tetapi ada banyak kursus di situs web seperti Udemy, dan bahkan tutorial gratis di YouTube.

Bisnis ini masuk dalam daftar karena sebagai seorang pengusaha, ini adalah keterampilan yang akan menyiapkan Anda untuk sukses dalam setiap proyek dan usaha bisnis yang Anda lakukan. Rangkullah setiap pengalaman belajar dan nikmati perjalanannya.

3. Manajemen media sosial dan pertumbuhan bisnis

Ini adalah salah satu topik terhangat dalam bisnis saat ini. Bisnis telah menyadari pentingnya memiliki akun media sosial yang berkualitas.

Jika Anda dapat belajar membuat konten berkualitas, mengembangkan akun sosial, dan mengarahkan traffic pada akun tersebut, Anda dengan mudah memiliki bisnis enam digit.

Kiat ahli: mulailah dengan berfokus dan belajar tentang satu platform media sosial. Setelah Anda memiliki sistem yang berfungsi, mulailah menawarkan layanan. Ini memungkinkan Anda untuk mulai mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang sambil Anda belajar. Ini adalah keterampilan kewirausahaan lain yang akan menyiapkan Anda untuk kesuksesan jangka panjang.

Ketiga pilihan ini menawarkan biaya overhead rendah, basis pelanggan besar, margin keuntungan tinggi, dan keterampilan kewirausahaan yang berharga. Mereka dapat berkembang dengan modal awal yang sangat sedikit, dan sudah seharusnya berada di urutan teratas peluang usaha setiap pengusaha.

Ketika Anda memiliki ide atau hasrat untuk sebuah bisnis - tetapi sedikit uang - tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini sebelum melakukannya.

1. Apakah ini bisnis berbasis layanan?

2. Apakah bisnis ini memiliki overhead yang rendah?

3. Apakah banyak orang yang membutuhkan layanan ini?

4. Apakah margin keuntungan dapat diterima?

5. Apakah usaha ini memberikan keterampilan yang akan menguntungkan saya dalam jangka panjang sebagai pengusaha?

Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan afirmatif, Anda memiliki ide bisnis yang layak, ide yang mungkin dapat Anda mulai dengan modal awal yang kecil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis peluang usaha tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top