Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Cara Menghasilkan Uang Melalui Instagram

Instagram sangat erat kaitannya dengan visual. Dengan demikian, foto dan visual yang indah mendapat banyak perhatian dan penjualan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  14:21 WIB
Ada banyak cara untuk mendapatkan uang melalui Instagram - Istimewa
Ada banyak cara untuk mendapatkan uang melalui Instagram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, banyak orang telah berhasil menghasilkan uang di Instagram, dan kita berbicara tentang nominal yang tidak sedikit.

Mungkin Anda memiliki teman yang tidak pernah meninggalkan rumahnya tetapi selalu mengeluarkan banyak uang, dan Anda bertanya-tanya dari mana dia mendapatkan uangnya.

Salah satu tempat paling populer untuk mendapatkan sumber penghasilan adalah Instagram. Sangat mudah untuk menghasilkan uang dari platform itu. Monetisasi Instagram membutuhkan hubungan yang baik dengan followers dan target market utama Anda.

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menumbuhkan keterlibatan pengikut dengan kebiasaan timbal balik dengan memberikan like dan komen pada feedback followers Anda. Dilansir melalui Entrepreneur, berikut beberapa hal yang dilakukan orang-orang untuk menghasilkan uang di Instagram:

1. Menjadi seorang influencer dan menghasilkan uang dari postingan sponsor.

Cara pertama dan termudah untuk menghasilkan uang di Instagram adalah menjadi influencer. Influencer, dalam istilah sederhana, adalah seseorang yang memengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Banyak brand — UKM dan perusahaan besar — menggunakan influencer untuk memasarkan produk mereka. Setelah Anda diidentifikasi sebagai pemberi pengaruh terkenal di ceruk pasar Anda, brand akan menghubungi untuk membuat kesepakatan sponsor dengan Anda.

Biasanya, influencer menghasilkan banyak uang. Tetapi jumlah yang Anda hasilkan tergantung pada jumlah pengikut yang Anda miliki dan tingkat keterlibatan pengikut tersebut.

2. Menjadi pemasar afiliasi (affiliate marketer)

Seorang pemasar afiliasi adalah seseorang yang mengarahkan lalu lintas (pelanggan) ke situs web / platform brand, dan sebagai gantinya, mendapat bayaran komisi (persentase dari harga pembelian) untuk upaya mereka.

Untuk menghasilkan uang dengan pemasaran afiliasi, Anda perlu bergabung dengan program afiliasi dengan bayaran tinggi sehingga Anda dapat menambahkan tautan afiliasi ke Instagram Anda dan mendapatkan komisi dari penjualan yang Anda hasilkan.

3. Menjual foto poster dan produk virtual lainnya

Instagram sangat erat kaitannya dengan visual. Dengan demikian, foto dan visual yang indah mendapat banyak perhatian dan penjualan.

Anda dapat menjual foto poster, lukisan, gambar, animasi, video, dan produk virtual berbasis gambar atau video lainnya.

Jika visualnya menawan dan memikat, Anda bisa bertaruh bahwa pengikut Anda akan selalu terinspirasi untuk membeli.

4. Menjual produk fisik dan digital

Anda dapat menjual produk fisik atau digital apa pun yang Anda buat sendiri atau membeli dari pemasok. Untuk produk fisik, Anda dapat meringankan masalah penyimpanan dengan mengadopsi dropshipping.

Dropshipping adalah ketika Anda menjual barang yang tidak Anda miliki. Anda menerima pesanan dari pelanggan dan kemudian meneruskan pesanan ini ke pemasok yang menyelesaikan pengiriman atas nama Anda.

Untuk mulai menjual produk di Instagram, Anda hanya perlu menyiapkan Instagram Shop.

5. Write captions for businesses

Are you good with words? Are you able to write catchy and captivating lines of texts that make people do anything you ask of them?

If so, then there may be opportunities for you to make money using this skill on Instagram.

With over 1 billion users on Instagram, small businesses know the opportunity to target new audiences is limitless. And as such, they’re doing everything they can to grab people’s attention.

To reach their target audiences, many of them hire freelance writers who help them craft catchy and results-driven captions.

6. Jadi penulis caption untuk brand

Apakah Anda pandai berbicara? Apakah Anda mampu menulis baris teks menarik yang membuat orang melakukan apa pun yang Anda minta dari mereka?

Jika demikian, maka mungkin ada peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang menggunakan keterampilan ini di Instagram.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna di Instagram, bisnis kecil tahu bahwa peluang untuk menargetkan audiens baru tidak terbatas. Karena itu, mereka melakukan segala yang mereka bisa untuk menarik perhatian orang.

Untuk menjangkau audiens target, banyak dari brand mempekerjakan penulis lepas yang membantu mereka membuat teks yang menarik dan berdasarkan hasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis instagram tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top