Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Alasan Sukses Bukan Soal Cita-Cita Membangun Perusahaan Besar

Sudah waktunya untuk menghilangkan mitos bahwa orang paling sukses di dunia bisnis harus terlihat seperti Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  12:33 WIB
Ilustrasi tips sukses
Ilustrasi tips sukses

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang senang mendengar kisah sukses. Namun, media hanya memfokuskan pemberitaan sebagian besar pada bisnis yang mengguncang dunia.

Jika Anda pernah bertemu dengan calon wirausahawan lainnya atau menghadiri konvensi untuk pemilik bisnis, Anda mungkin pernah bertemu dengan lusinan orang yang ingin menjadi Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg berikutnya di bidangnya masing-masing.

Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan mencapai tujuan yang tinggi dan memiliki visi global untuk bisnis Anda bukan berarti ini adalah jalan yang tepat untuk semua orang.

Kuncinya adalah jangan menyerah pada hype dan narasi media bahwa ketenaran bisnis di seluruh dunia harus menjadi tujuan akhir bagi setiap wirausahawan.

Dilansir melalui Entrepreneur, simaklah 5 alasan Anda tidak perlu menjadi orang paling sukses di dunia untuk bahagia dan benar-benar sukses.

1. Kesuksesan besar besar diikuti dengan perhatian dunia

Saat Anda membuat merek yang mendunia, orang ingin tahu tentang Anda. Mereka ingin mengetahui kisah Anda, filosofi bisnis Anda, politik Anda, dan bahkan detail kehidupan pribadi Anda. Meskipun Anda selalu dapat menghindari wawancara dan mencoba untuk tetap anonim, itu sulit dilakukan - terutama jika Anda ingin terus mengembangkan bisnis Anda dan berekspansi ke pasar internasional. Jadi, jika Anda belum siap untuk menampilkan diri Anda dalam sorotan, model bisnis global mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda.

2. Bisnis kecil membuat perbedaan yang signifikan

Sama pentingnya, bisnis kecil membantu menjaga bisnis yang lebih besar tetap terkendali. Bisnis Anda mungkin tidak meraup miliaran atau bahkan jutaan per tahun, tetapi Anda benar-benar memberi dampak pada konsumen Anda. Dengan satu atau lain cara, Anda juga memengaruhi perubahan dalam industri Anda. Ini seperti efek kupu-kupu. Bahkan perubahan kecil - atau bisnis kecil - dapat memiliki efek riak yang lebih besar daripada yang disadari kebanyakan orang.

3. Ekspansi bisnis = Tanggung jawab bertambah

Sangat penting bagi Anda untuk memahami konsekuensi potensial dari menjadi orang paling sukses di dunia. Dalam hitungan hari, minggu, bulan, atau tahun, Anda dapat beralih dari hanya memiliki sedikit karyawan menjadi mengelola ribuan pekerja di seluruh dunia. Setiap tindakan atau keputusan yang Anda buat dapat secara signifikan memengaruhi kehidupan pekerja, pelanggan, dan vendor Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin memperlambat pertumbuhan bisnis Anda jika Anda belum siap untuk memikul semua tanggung jawab itu di pundak Anda.

4. Banyak konsumen lebih menyukai bisnis lokal

Ada alasan mengapa istilah “buy local, think global” menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Membangun komunitas lokal dengan memulai bisnis lokal atau mengunjungi bisnis lokal dapat berdampak positif pada puluhan ribu orang - jika tidak lebih. Hal ini tidak hanya membantu komunitas bisnis lokal berkembang, tetapi juga memastikan bahwa raksasa bisnis internasional tidak mengambil 100% pangsa pasar.

5. Anda mungkin lebih bahagia di tempat Anda berada

Terakhir, penting untuk mengingat kebahagiaan Anda sendiri. Jika Anda senang dengan pendapatan, rencana bisnis, dan keseimbangan pekerjaan / hidup Anda, mengapa mengambil risiko? Alih-alih mengejar mimpi yang mungkin tidak Anda inginkan, catatlah betapa bisnis Anda sekarang membuat Anda bahagia. Anda mungkin menemukan bahwa Anda berada tepat di tempat yang Anda inginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top