Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok Beberkan Tips Memulai Bisnis ke Anak Muda

Ahok mengibaratkan belajar bisnis sama seperti belahar berenang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 April 2021  |  05:42 WIB
Basuki Tjahaja Purnama. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Basuki Tjahaja Purnama. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membagikan tip bagi anak-anak muda yang ingin memulai bisnis.

Dia mengibaratkan belajar bisnis sama seperti berenang. “Mulai bisnis harus seperti mulai belajar berenang,” ujar Ahok, Minggu (18/4/2021).

Menurut Ahok, tak ada teori yang pakem untuk berbisnis. Satu-satunya cara yang tepat untuk mulai terjun di dunia usaha, tutur dia, adalah mencobanya.

“Enggak bisa teori. Coba lakukan,” kata Ahok, dikutip dari Tempo.

Ahok telah beberapa kali merintis bisnis, bahkan sedari muda. Tahun lalu, Ahok mengaku merencanakan bisnis usaha ayam bersama mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo. Keduanya pun kerap bertemu untuk membicarakan usaha ini.

"Hampir tiap pekan kami bertemu, mau bisnis ayam," kata Ahok.

Sejumlah persiapan pun kala itu dilakukan Ahok. Dia sampai 'berguru' ke Australia untuk mengerti seluk-beluk beternak ayam. Sesekali, dia juga mampir ke peternakan ayam milik Gatot di Purwakarta, Jawa Barat.

Rencana bisnis itu sempat dibenarkan Gatot Nurmantyo. "Saya terbuka saja untuk memberi bantuan dan pengalaman," kata Gatot.

Saat ditahan di Mako Brimob lantaran kasus ujaran yang berkaitan dengan agama, Ahok pun mengaku memiliki rencana membangun hotel dan resor di tepi pantai bersama koleganya. Namun niat tersebut tidak terlaksana karena koleganya meninggal dunia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sempat gamang karena kondisi itu. "Waduh, saya bilang jadi apa enggak ya, dan ternyata enggak jadi."

Meski membatalkan rencana bisnis ini, Ahok justru bersyukur. Sebab, seandainya rencana terlaksana, Ahok membayangkan bakal menemui sejumlah hambatan terkait penyelesaian konstruksi dengan adanya pandemi Corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok tips bisnis anak muda

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top