Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Warung Nasi Bebek Raup Omzet Puluhan Juta per Bulan

Jika sebelum pandemi kami bisa raup omzet di atas Rp90 juta dalam sebulan sekarang Alhamdulillah masih di angka Rp60 juta sangat terbantu dengan rajin ikut promo juga,
Kuliner nasi bebek
Kuliner nasi bebek

Bisnis.com, JAKARTA - Selain ayam, menu olahan bebek juga menjadi salah satu menu yang digemari banyak orang karena memiliki cita rasa gurih dan daging yang empuk saat diolah. Tak heran bila olahan daging bebek ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan.

Tidak harus memiliki restoran mewah atau tempat yang mahal, warung nasi bebek juga bisa berkembang jika sang pemilik usaha mengerti cara mengolah daging bebek dengan nikmat dan menambahkan sambal khas yang menjadi uniqe selling point.

Seperti yang dilakukan oleh Herizal Efendi pemilik Warung Bebek 3 Rasa yang sudah memulai bisnisnya sejak 2011 lalu. Herizal memang fokus menjual menu bebek sebagai menu utamanya mulai dari bebek bakar hingga bebek goreng karena saat itu penjualan sedang naik daun.

Saat itu warung bebek yang dia kembangkan sama dengan warung pada umumnya. Olahan bebek dan sambal yang digunakan juga, tidak ada yang spesial. Setelah memasuki tahun kedua, Rizal berpikir untuk membuat terobosan baru karena sepanjang tahun itu peningkatan penjualannya tidak signifikan.

“Saat makan bebek itu yang membuatnya tambah nikmat ada di sambal, maka kita berkreasi membuat sambal sendiri yang unik dan istimewa,” tuturnya.

Sambal pertama yang dia buat adalah sambal rica ijo menjadi istimewa karena tidak ditemukan di tempat lain. Rasa sambalnya pedas gurih dengan aroma yang wangi. Dari situ banyak yang penasaran ingin mencicipi menu bebek di tempatnya.

Dengan makin banyaknya konsumen, Rizal makin semangat berkreasi menambah dua sambal lainnya yaitu sambal merah pete dan sambal madura yang ternyata juga sang diminati dan cukup favorit.

Dari situ penjualan perlahan mulai meningkat, konsumen pun mulai berdatangan untuk mencicipi keunikan sambal dari Bebek 3 Rasa ini. Tidak sedikit yang memintanya memanfaatkan penjualan secara online. Bahkan, customernya yang membantu untuk memasukkan warung bebek miliknya ke layanan pesan antar makanan GoFood.

“Customer menyarankan saya untuk masuk ke GoFood supaya makin dikenal dan penjualan makin meningkat,” tuturnya.

Menunya pun makin bervariasi tidak hanya bebek, tetapi juga ada ayam, ikan lele, dan menu pelengkap lainnya seperti tahu tempe dengan tetap mempertahankan 3 sambal yang menjadi andalan.

Betul saja, setelah warung bebek miliknya masuk ke platform GoFood, pelangganya makin bertambah dengan jangkuan yang lebih luas hingga radius 5 km hingga 10 km. Orang yang tadinya belum pernah tahu dan membeli, akhirnya membeli dan menjadi pelanggan setia Bebek 3 Rasa.

Tips Sukses Warung Nasi Bebek Raup Omzet Puluhan Juta per Bulan

“Saat ini lebih dari 90% pembeli Bebek 3 Rasa pelanggan semua, baik yang offline maupun online. Mereka sudah tahu dan membeli kembali makanan kita. Nah 10% lainnya itu yang baru mencoba dan lama-lama mereka pun akan menjadi pelanggan kita juga,” ucapnya.

Banyaknya pembeli yang menjadi pelanggan di Bebek 3 Rasa, selain karena rasa sambalnya yang khas, Rizal juga sangat mempertahankan konsistensi rasa, bahan baku dan lauk pauk yang digunakan semuanya juga segar serta memberi pelayanan terbaik kepada konsumen.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal apalagi Bebek 3 Rasa juga sering memberikan promo melalui platform digital seperti GoFood maupun GrabFood.

“Saya membuat menu dalam bentuk paket misalnya paket nasi dan paket makan minum dengan harga mulai Rp20ribuan hingga Rp30ribuan kemudian ada paket jumbo untuk keluarga seharga Rp90ribuan. Lalu dibuat promonya sehingga akan dilirik konsumen,” ujarnya.

Menurutnya, promo ini juga bisa menjadi cara paling ampuh untuk menarik konsumen mencoba menu yang ditawarkan. Selain tu, yang harus dipahami meski membuat paket promo jangan sampai menurunkan kualitas rasa dan kesegaran produk, semua harus benar-benar dijaga sehingga pembeli akan tetap bertahan dan menjadi pelanggan setia.

“Ketika mereka sudah coba sekali atau dua kali dengan menggunakan promo, mereka akan ketagihan dan tetap menjadi pelanggan setia, baik ada maupun tidak ada promo,” tuturnya.

Selain itu, untuk membuat konsumennya tetap bertahan, Warung Bebek 3 Rasa yang berada di kawasan Kebon Jeruk ini juga terus melakukan inovasi dengan menambah varian produk misalnya dengan membuat bebek dan ayam gulai kalio serta bebek bumbu rendang.

Tips Sukses Warung Nasi Bebek Raup Omzet Puluhan Juta per Bulan

Adapun untuk omzet penjualannya di masa pandemi ini memang mengalami penurunan apalagi sejak adanya PPKM yang membatasi mobilitas masyarakat. Meski demikian dia masih tetap bersyukur karena penjualan yang dia dapatkan masih cukup baik yakni mencapai Rp60 juta dalam sebulan.

“Di saat pandemi ini kita harus memahami memang daya beli menurun sehingga penjualan juga ikut terdampak. Jika sebelum pandemi kami bisa raup omzet di atas Rp90 juta dalam sebulan sekarang Alhamdulillah masih di angka Rp60 juta sangat terbantu dengan rajin ikut promo juga,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper