Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Ide Usaha Rumahan bagi Ibu Rumah Tangga, Mana yang Cocok untuk Anda?

Berikut sejumlah ide usaha rumahan sederhana bagi para ibu rumah tangga.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 15 Oktober 2021  |  10:37 WIB
Ilustrasi salah satu usaha rumahan bagi ibu rumah tangga.  - Philip Indonesia
Ilustrasi salah satu usaha rumahan bagi ibu rumah tangga. - Philip Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai ibu rumah tangga, Anda tidak selalu harus bergantung pada pasangan secara finansial. Pasalnya, ada beragam usaha rumahan yang bisa Anda kembangkan untuk menambah pemasukan pribadi sekaligus berkontribusi pada pengeluaran di rumah tangga.

Caranya pun mudah. Tanpa perlu memperhatikan persyaratan, kualifikasi, ataupun batasan usia, Anda cukup memanfaatkan keberadaan internet sebagai modal utama.

Dengan investasi minimum, maka ide bisnis yang solid pun dapat meroket dan menghasilkan pendapatan yang tinggi.

Untuk itu, berikut 10 ide bisnis bagi ibu rumah tangga yang dapat menjadi opsi Anda, yang dilansir dari OkCredit, Jumat (11/10/21).

1. Usaha roti dan kue

Jika Anda menggemari kegiatan baking, maka Anda dapat memanfaatkan kesukaan dan keahlian tersebut. Anda bisa menawarkan dagangan Anda kepada keluarga, teman, tetangga, dan secara bertahap memperluasnya dengan menerima pesanan secara online.

2. Makanan rumahan

Katering makanan rumahan adalah salah satu bisnis terbaik bagi ibu rumah tangga. Cukup memanfaatkan keterampilan memasak, maka Anda pun akan menghasilkan uang. Anda dapat memulai dengan pesanan yang kecil, kemudian secara bertahap meningkatkan layanan untuk katering acara besar atau pesta. Anda juga dapat memulai dengan katering makanan sehat melihat banyaknya peminat kebugaran di saat ini.

3. Pusat penitipan anak

Jika Anda berada di lingkungan yang banyak anak, Anda dapat membuka pusat penitipan anak di rumah Anda. Jika Anda pandai dalam merawat anak-anak dan senang untuk menghabiskan waktu dengan mereka, maka inilah saatnya untuk menghasilkan uang.

4. Jual barang buatan tangan

Apabila Anda memiliki keterampilan dan kreatif dalam membuat produk kerajinan tangan, maka Anda bisa mencoba opsi ini. Anda dapat menjual dekorasi rumah, perhiasan, barang hadiah, pakaian khusus, lukisan, lilin beraroma, dan apa pun yang Anda kuasai. Anda juga dapat menaikan skala bisnis Anda dengan menjual secara daring.

5. Bisnis yoga dan kebugaran

Jika Anda merupakan guru yoga yang bersertifikat, Anda bisa memulai pelatihan olahraga di rumah. Anda juga dapat mencoba bisnis kebugaran secara online dengan memanfaatkan YouTube atau media sosial. Namun, untuk mendapatkan pengakuan dan klien, Anda memang perlu usaha keras.

6. Konsultasi online, penjualan e-book, dan kursus

Konsultasi tidak sulit jika Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat untuk membawa perubahan. Anda dapat menjadi pelatih dan konsultan online untuk membantu orang lain meningkatkan keterampilan mereka. Anda juga bisa menjual e-book Anda atau menulis untuk orang lain. Selain itu, Anda juga dapat membuka jasa kursus daring dalam bentuk modul video.

7. Membuat blog dan menulis lepas

Blogging dapat membantu Anda mengembangkan kreativitas sekaligus menghasilkan uang. Anda dapat membuat blog yang dioptimalisasi dengan SEO agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

8. Memanfaatkan kanal YouTube

Dengan memanfaatkan kanal YouTube, maka Anda bisa mendapat penghasilan yang besar. Seperti yang telah diketahui, YouTube telah membantu banyak ibu rumah tangga dalam mendapatkan banyak uang melalui video memasak, berkebun, kerajinan tangan, mode, DIY, olahraga, tutorial kecantikan, dan lainnya.

9. Bimbingan belajar online

Bimbingan belajar atau kelas online adalah pekerjaan yang nyaman bagi seorang ibu rumah tangga. Opsi ini dapat membantu memecah kemonotonan dan menggunakan keterampilan akademis Anda. Anda pun bisa memilih subjek yang dikuasai dan menggunakan pengetahuan Anda untuk mengajar siswa secara daring.

10. Penyedia layanan jarak jauh

Ide bisnis terbaik untuk ibu rumah tangga lainnya adalah memulai layanan jarak jauh, seperti mengembangkan situs web, manajemen media sosial, bekerja sebagai asisten virtual, layanan manajemen, administrasi, pengeditan, dan proofreading.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha tips bisnis ibu rumah tangga
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top